Aksi Simpatik Peringati Hari HIV/AIDS Di Gelar Di Tarempa


Aksi Simpatik Peringati Hari HIV/AIDS Di Gelar Di Tarempa

Zonasidik - Anambas, Aksi simpatik memperingati hari AIV/AIDS Sedunia 1 Desember 2017 digelar di Pasar Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas dengan membagikan selebaran yang berisi himbauan kepada masyarakat untuk melindungi diri dan keluarga dari bahaya penyakit HIV/AIDS, Jum’at (1/12/2017).

Aksi simpatik yang bertujuan menyadarkan masyarakat  akan bahaya penyakit HIV/AIDS juga membagikan ratusan gantungan kunci, bubur kacang hijau dan pita merah kepada masyarakat sebagai bentuk peduli.

Kampanye memperingati hari HIV/AIDS itu dilaksanakan oleh Organisasi Non Goverment Organizer Seni,  Sosial Budaya dan Olahraga (NGO SEBORA) Kabupaten Kepulauan Anambas didukung oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinskes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas, Forum Anak Kabupaten Kepulauan Anambas (FAKKA), dan Fordafa.

Terkait aksi simpatik ini, Sekretaris NGO SEBORA Anambas Safri mengatakan, aksi simpatik adalah sebuah kampanye penyadaran kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas akan bahayanya penyakit AIDS akibat penyebaran infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus).

“aksi ini adalah sebuah kampanye penyadaran kepada masyarakat yang tujuannya memberikan pemahaman dan pengertian akan bahaya penyakit HIV/AIDS,” jelas Safri saat membagikan brosur kepada masyarakat di pasar Tarempa, Jum’at (1/12/2017).

Sementara itu, koordinator aksi simpatik Aswardi mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut untuk menyadarkan masyarakat. “ini bentuk sosialisasi terbuka, langsung menyampaikan kepada masyarakat, agar tahu, mengerti dan melindungi dari bahaya HIV/AIDS,” ungkapnya.

Menurut dirinya, Kampanye HIV/AIDS sangat penting kita berikan kepada masyarakat supaya kedepan dapat melindungi diri sendiri dan keluarga akan bahaya terinfeksi virus HIV/AIDS.“kita memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk menjauhi dan menjaga keluarganya, dan yang menderita penyakit HIV/AIDS tidak boleh kita kucilkan dari keluarga dan masyarakat, mereka hanya korban,” kata aktivis sosial yang disapa Iwai, saat melakukan Kampanye HIV/AIDS.

Aksi simpati yang dilaksanakan tersebut, mendapatkan perhatian dan tanggapan positif masyarakat yang berada di pasar Tarempa dengan ikut membubuhkan tanda tangan di kain putih sebagai bentuk peduli pada hari HIV/AIDS.

Sebelumnya, saat awak media zonasidik mendatangi Kantor Dinkes PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas untuk meminta konfirmasi jumlah penderita penyakit HIV/AIDS di Kabupaten Kepulauan Anambas, kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes PPKB Kabupaten Kepulauan Anambas, Islam Malik mengatakan, untuk di Kabupaten Kepulauan Anambas yang terinfeksi positif menderita penyakit HIV berjumlah 33 orang.

“jumlah yang disrenning hingga 17 September jumlah kumulatif 146 orang, yang positif 33 orang, dari 33 orang yang positif 11 orang migrasi dan yang telayani di Anambas 22 orang,” jelasnya. 

*Sumber : Zonasidik

0 Comments

Leave a comment