Desa Terdepan Anambas Telah Menikmati Jaringan 4G


Desa Terdepan Anambas Telah Menikmati Jaringan 4G

ANAMBAS(HK) - Desa di pulau-pulau terdepan di Kabupaten Kepulauan Anambas beberapa Minggu terakhir sudah bisa menikmati akses jaringan internet 4G.

Desa Keramut, Desa Sunggak, Desa Impol Kecamatan Jemaja sebagian contoh dari yang lain telah menikmati jaringan 4G tersebut. Jaringan itu dipancar dari tower yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Anambas beberapa tahun silam yang berada di dusun Kusik Desa Rewak Kecamatan Jemaja, kini pihak Kementerian Kominfo melakukan perluasan jaringan dengan menggandeng pihak Telekomunikasi Indonesia. 

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas, Jefrizal mengatakan, bahwa jaringan yang dihasilkan tersebut dari tower di dusun Kusik dan itu bagian dari program kerja Kementerian Kominfo. 

Selain itu juga Desa Telaga, Desa Mengkait Kecamatan Siantan Selatan mengalami hal yang sama. Katanya, posisi BTS yang terpasang saat ini sudah tepat dan strategis. Pihaknya juga menyampaikan bahwa masih ada 13 desa yang masih belum bisa menikmati jaringan internet seperti itu, bahkan ibu kota kabupaten saja masih mengalami kendala yang cukup signifikan dalam menikmati jaringan internet, apalagi sinyal 4G.

Tim teknis dari Kementerian Kominfo yang mengupgrade sinyal itu, katanya dinilai pemakaian jaringan disekitar area itu cukup banyak dan sebagai pulau yang terdepan juga dengan negara tetangga seperti Malaysia tepatnya pulau Tioman, khususnya Desa Keramut, Sunggak dan Desa Impol di Kecamatan Jemaja, demikian disampaikan Jefrizal,  Jumat (3/11).

Menurut Jef, Tidak dipungkiri masih ada juga desa yang disekitar seperti Desa Rewak tidak bisa menikmati jaringan internet tersebut, hal itu akibat terlindung oleh gunung yang terdiri dari berbukitan, sehingga jangkauan sinyal yang dihasilkan pun masih dititik tertentu saja. Untuk Desa Rewak jangkauan sinyal tidak bisa terjangkau, namun tiga desa tadi sudah bisa menikmati jaringan internet 4G,bebernya.

Sementara itu warga Desa Sunggak Dian (25) ketika ditemui mengatakan bahwa benar didesanya sudah bisa menikmati jaringan internet 4G. Namun ketika malam sinyalnya mengalami gangguan sebab masih ada tower mini yang menyala.

Kami sangat bersyukur di desa kami sudah bisa menikmati jaringan internet tanpa batas, terkadang pada malam hari ada mengalami gangguan jaringan namun itu bukan menjadi halangan bagi kami menikmati akses internet,imbuhnya.

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment