HUT Bhayangkara Berlangsung Meriah


HUT Bhayangkara Berlangsung Meriah

ANAMBAS (HK) - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-71 di Polres Anambas berjalan dengan lancar dan meriah,  Senin (10/7). Usai apel peringatan HUT Bhayangkara,  Kapolres Perdana Anambas AKBP Junoto diarak oleh Personilya di Lapangan Sulaiman Abdullah sambil menyanyikan lagu selamat ulang tahun.

Peringatan HUT Bhayangkara ke-71 ini semakin  semarak dengan pemotongan nasi tumpeng secara simbolis,  penyerahan bantuan kepada perwakilan tokoh dan panti asuhan di Anambas, serta penyampaian penghargaan Kapolda Kepri kepada sejumlah anggota polisi.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam amanahnya yang dibacakan Kapolres Anambas AKPB Junoto,SIK mengungkapkan,  di usia yang sudah 71 tahun Polri semakin berkembang menjadi 33 Polda dengan personi sebanyak 423.624 personil.

"Bahkan saat ini diperkuat dengan struktur baru serta terhadi peningkatan dengan delapan Polda yang naik tipologi," kata Junoto.

Menurut Junoto,  bahkan pada tingkat Polres terdapat lima Polres di Indonesia yang semula dipimpin oleh AKBP menjadi tipe A dengan dipimpin Kombes.  Untuk  Alokasi anggaran untuk Polri tambahnya mengalami peningkatan dari tahun ke tahunnya. 

"Dari data yang berhasil dihimpun, alokasi anggaran dari tahun 2014 yang mencapai Rp44 triliun, mengalami peningkatan menjadi Rp57 triliun pada tahun 2015. Alokasi anggaran untuk Polri pun kembali mengalami peningkatan menjadi Rp79 triliun pada tahun 2016 dan kembali meningkat pada tahun 2017 menjadi Rp87 triliun. Alokasi anggaran ini pun, diakuinya untuk melakukan modernisasi peralatan dan hal lainnya," tuturnya.

Lebih jauh disampaikanya Remun yang semula hanya 33 persen, kini meningkat rata-rata 53,4 persen. Polri  terus melakukan pembenahan di internal. "Dari beberapa lembaga survei, pada awal tahun 2017, kepercayaan publik terhadap Polri saat ini naik ke papan tengah setelah sebelumnya mengalami penurunan,"ujarnya.

Sementara itu  Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas,  Abdul Haris yang menjadi Inspektur Upacara dan membacakan Amana dari Presiden Republik Indonesia I Joko Widodo sangat  berharap agar Polri dapat terus profesional dalam menjalankan tugas serta fungsinya. Beberapa instruksi tersebut meliputi perbaikan managemen di internal Polri, memantapkan solidaritas di internal, mengoptimalkan modernisasi Polri dalam pelayanan publik, meningkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi.

"Polri harus tetap lincah dalam mengatasi situasi yang bertindak secara cepat. Termasuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan semua elemen," ujarnya.

Terpisah Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kepulauan Anambas Herdi Usman  mengapresiasi syukuran peringatan HUT Bhayangkara ke-71 di Anambas ini. Mewakili tokoh masyarakat, mantan sekretaris Daerah KKA itu  bahkan kurang ingat berapa lama personil Polri dan TNI ditempatkan di Anambas ini. 

"Saya kurang ingat sudah berapa lama. Namun yang jelas lebih tua. Melihat dari usianya, tentu perjalanannya tidak mulus, begitu juga di Kecamatan Siantan. Personilnya ketika awal-awal itu hanya beberapa orang saja. Namun saya salut, tetap aman dan sejahtera," bebernya.

Herdi sangat berharap keberhasilan yang sudah diraih oleh Polri dapat terus ditingkatkan. Tidak hanya itu, kerjasama dengan semua elemen menjadi poin penting dalam menjaga situasi kondusif di masyarakat.  "Polisi sebagai leader yang didukung oleh masyarakat. Saya kira ini akan lebih baik," imbuhnya.

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment