Kepengurusan LAM KKA Dikukuhkan


Kepengurusan LAM KKA Dikukuhkan

ANAMBAS (HK) - Ir Herdi Usman,  Mantan Sekretaris Daerah KKA dikukuhkan menjadi Ketua  Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA  masa khidmat 2016-2021. Herdi dan kepengurusannya dikukuh  langsung oleh Ketua LAM Provinsi Kepri,  Datok Sry Setia Amanah  H Abdul Razak AB di Aula Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan (BPMS), Selasa (11/7).

Menariknya pada acara yang berlangsung khidmat dan syahdu serta penuh dengan nuasa Melayu itu  Ketua LAM yang baru saja di kukuhkan  Ir Herdi Usman melantik Bupati KKA Abdul Haris,SH menjadi Datok Setia Amanah dan Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra menjadi Datok Timbal Setia Amanah. Bagaikan  pengantin baru  Haris berserta Istri serta Wan Zuhendra dan Istri kembali disandingkan diatas pelaminan megah nan mewah seperti sepasang muda-mudi yang baru saja melangsungkan Ijab Qabul di depan penghulu pernikahan.

Sebelum naik dan duduk di singgasana, keduanya pun dipasangkan tanjak berikut dengan kain berwarna kuning yang disematkan di pundak sampai ke pinggang mereka. Surat Keputusan Lembaga Adat Melayu Kepri Kabupaten Kepulauan Anambas dengan bernomor 01/ LAM-KKA/SK/III/2017 tentang pengukuhan gelar adat pun, mempertegas penganugerahan gelar tersebut.

Ketua LAM Kepri,  Datok Abdul Razak dalam sambutannya mengucapkan Tahnia kepada kepengurusan LAM Anambas yang baru saja di kukuhkan. Selain itu  LAM juga diminta untuk  dapat memainkan peran dalam memajukan budaya Melayu yang semakin hari semakin dilupakan. 

"LAM harus dapat menjaga budaya Melayu yang semakin hari semakin dilupakan," kata Razak, Selasa (11/7).

Diungkapkan Razak, dengan tantangan yang semakin berat seperti saat ini, sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga AD/ART LAM maka baik ketua maupun pengurus LAM yang baru saja dikukuhkan berhak menyandang gelar datok.

Untuk  itu lanjut Razak, minta amanah yang telah melekat dapat dijalankan dengan baik sebagaimana tunjuk ajar Melayu. yakni memegang amanah sampai mati. "Gelar Datok adalah melekat karena orang yang menyandangnya mesti menjadi teladan. Barang siapa sandang gelar datok ditengah masyarakat harus mampu memainkan peran sebagai pemimpin," bebernya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris,SH yang baru saja mendapatkan gelar Datok Setia Amanah mengatakan, akan siap menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya serta dengan rasa tanggung jawab.

"Amanah  yang di anugrahkan akan dijalankan dengan sebaik-baiknya serta dengan sungguh-sungguh," ungkapnya.

Gelar yang dianugerahkan ini lanjut Datok Setia Amanah, karena jabatan bupati dan wakil bupati dan tanggung jawab yang mesti ditunaikan,  semoga dapat adil dan bijak memimpin masyarakat. "Kami akan berubaya sebaik-baiknya agar dapat adil dan bijak dalam memimpin masyarakat," tutupnya,

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment