Pemkab Anambas Bangun Tempat Pembuangan Sampah Di Gunung Meranti


Pemkab Anambas Bangun Tempat Pembuangan Sampah Di Gunung Meranti

batampos.anambas– Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas berencana memindahkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tempat pembuangan sampah sementara yang sebelumnya berada di dekat aliran sungai yang ada di dekat simpang Rintis Air Terjun Temburun, Kecamatan Siantan Selatan, akan dipindahkan ke area Gunung Meranti, kecamatan Siantan Selatan.

“Kita sudah menyiapkan pembebasan lahan yang ada di dekat Gunung Meranti,” ungkap Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, Khairul Anwar, kepada wartawan Rabu (19/10).

Diakuinya, sebelumnya pernah ada rencana pembebasan lahan untuk TPA di Rekam, Desa Tarempa Barat Daya. Tetapi di tempat tersebut dinilai terlalu sulit untuk dilintasi mobil karena jalan yang ada terlalu menanjak. “Kita pilih di Gunung Meranti saja daripada di Rekam,” ungkap Khairul.

Karena belum ada TPA yang baru, maka saat ini pemda masih menggunakan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang ada di Desa Rintis. Kondisi TPS tersebut dinilai belum memadai dan belum memenuhi syarat, karena keberadaannya dekat dengan jalan raya. Selain itu TPS tersebut juga berdekatan dengan daerah aliran sungai yang memungkinkan bisa mengotori air sungai.

Deketahui bahwasanya sampah di Tarempa dan sekitarnya tergolong banyak. Apalagi pada saat-saat tertentu seperti pada saat musim durian dan pada saat ada gotong royong bersama. Sampah yang dihasilkan bisa mencapai satu hingga dua ton perhari.

0 Comments

Leave a comment