Permudah Pelayanan, Disduk Bentuk UPT


Permudah Pelayanan, Disduk Bentuk UPT

Untuk mempermudah pelayanan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Anambas menggelar sosialisasi kebijakan pembentukan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS – ”Pembentukan UPT di sejumlah kecamatan dan sosialisasi ini sudah dilakukan di seluruh kecamatan,” kata Agus Basir, selaku Kepala Disduk Capil Anambas ketika ditemui ketika menggelar sosialisasi di Kecamatan Jemaja, Selasa (31/7).

Keputusan untuk membentuk UPT berdasarkan Permendagri 120/2017 tentang unit pelaksana teknis, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten/kota.

UPT ini di bawah dan bertanggung jawab kepada Disdukcapil tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas. ”Untuk Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur akan diadakan satu UPT saja, artinya digabungkan dan nantimasyarakat tidak perlu lagi mengurus KTP, KK, Akta Kelahiran dan Suket tidak perlu lagi pergi ke kabupaten, cukup mengurus di UPT kecamatan saja,” jelas Agus.

Ia menambahkan, penempatan kedudukan UPT ditentukan berdasarkan efektivitas efisiensi, kebutuhan, koordinasi hubungan kerja. Sementara, anggaran sosialisasi pembentukan UPT Disdukcapil dari DAK tahun 2018.

Sedangkan Camat Jemaja Abdulah Sani ketika membuka acara sosialisasi menyampaikan kepada peserta sosialisasi yang terdiri dari sejumlah kepala desa, Rukun Tetangga agar dapat melengkapi administrasi secara verifikasi harus sebelum mengajukan berkas ke pihak kecamatan.

Ia juga menyayangkan, bahwa ada beberapa desa ketika menyerahkan berkas kepengurusan administrasi tidak lengkap terpaksa pihak verifikasi dari kecamatan melakukan pengembalian berkas.

”Saya kesal juga bebarapa waktu yang lalu. Kenapa tidak, sebab berkas pengajuan administrasi kepengurusan seperti memperoleh Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran yang diajukan oleh desa masih ada yang tidak lengkap, terpaksa kita kembalikan berkas pengajuan tersebut,” terang dia.

Ia berharap, dengan adanya UPT nanti yang dibentuk di kecamatan dapat mempermudah bagi masyarakat dalam memperoleh surat-surat yang dibutuhkan. ”Saya yakin nanti akan lebih mudah bagi masyarakat untuk memperoleh surat-surat seperti akta kelahiran, sebab tidak perlu lagi ke kota kabupaten,” ujar dia.

*Sumber : TanjungPinangPos


0 Comments

Leave a comment

wso shell wso shell Indoxploit Shell wso shell hacklink hacklink satışı hacklink deface mirror hacklink wso shell