PKK Gelar Jambore Tingkat Kabupaten


PKK Gelar Jambore Tingkat Kabupaten

ANAMBAS (HK) - Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)  Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) gelar Jambore PKK tingkat kabupaten,  Selasa (26/9). Pada Jambore kali ini mengambil tema, budaya hidup sehat dengan kesadaran deteksi dini kanker pada perempuan untuk mewujudkan Keluarga Indonesia Sejahtera.

Heryana Abdul Haris, SH Ketua PKK Anambas mengatakan, pada jambore kali ini sejumlah perlombaan dilaksanakan antara lain yakni lomba cerdas cermat, lomba yel- yel, lomba senam gema mare- mare, dan terakhir bakti sosial dengan menyumbangkan 8 Pot Bunga yang diserahkan ke Kelurahan Tarempa untuk di tanam di sepanjang Jalan Selayang Pandang (SP).

"Ini bukti komitmen PKK dalam mendukung penghijauan di sepanjang jalan SP," kata Heryana disela sela pembukaan Jambore PKK di Aula Gedung Balai Pertemuan Masyarakat Siantan, Selasa (26/9).

Heryana menguraikan,  jika pemenang pada Jambore PKK akan mewakili Anambas pada jambore tingkat nasional  karena kontingen masing-masing kabupaten/kota  akan bergabung mewakili Provinsi Kepri. "Pemenang jambore akan bergabung  dengan kabupaten/kota lain  mewakili Kepri pada Jambore PKK nasional  yang akan digelar bulan Oktober mendatang," tukasnya.

Sementera itu Bupati KKA Abdul Haris, SH dalam sambutannya mengatakan, jambore mesti dijadikan wahana atau tempat berdiskusi yang dapat membuahkan sesuatu bagi PKK sebagai tolak ukur ke depan. Menurut Haris, sebanyak 47 ribu lebih penduduk Anambas diantaranya adalah wanita, dan wanita tersebut rawan terserang penyakit kangker.

"Maka dari itu dengan jambore yang dilaksanakan dapat mendiskusikan langkah strategis guna mengantisipasi kangker yang membahayakan, dan ibu- ibu PKK merupakan motor ujung tombak sosialisasikan kangker," bebernya.

Tidak semua masyarakart lanjut Haris, mendapatkan ilmu pengetahuan tentang penyakit kangker, untuk itu ibu-ibu PKK harus bisa merubah mensetnya dengan menjadikan ibu-ibu sebagai sasaran informasi penyuluhan.

"Untuk itu saya minta ibu-ibu PKK berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan pengecekan  terhadap ibu-ibu baik yang di Kota Tarempa maupun pulau-pulau, untuk mengetahui apakah ada yang mengidap kangker," urainya.

Bahkan saat itu Haris menghimbau kepada PKK untuk membentuk satu desa percontohan yang akan dijadikan desa visioner dalam pengembangan PKK sehingga 10 program pokok PKK dapat disosialisasikan. "Desa itu nantinya akan menjadi  desa percontohan dan kedepan menjadi visioner bagi desa lainnya," imbuhnya.

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment