Dinkes Gelar Pengobatan Gratis


Dinkes Gelar Pengobatan Gratis

Meriahkan HUT KKA 

ANAMBAS (HK) - Puluhan masyarakat dari sejumlah Desa di Dua Kecamatan yakni Kecamatan Siantan dan Siantan Selatan  yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) datangi kantor bupati.

Kedatangan warga tersebut   untuk memeriksakan diri dan mengikuti pengobatan  secara gratis yang diselenggaran Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) dalam rangka untuk  memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Termuda di Provinsi Kepri  yang ke IX.

Yessi Arisandi,  Sekretaris Dinas Kesehatan dan PPKB KKA mengatakan pengobatan gratis tersebut dilaksanakan dari sejak  Selasa (11-12) Juni 2017 merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT KKA yang ke IX.

"Agar lebih bisa menampung warga yang datang untuk  berobat maka kegiatan dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati KKA dengan mendirikan tenda-tenda," demikian disampaikan Yessi, Selasa (11/7).

Ditemui di Halaman Kantor Bupati KKA,  Yessi  mengaku tidak menargetkan berapa jumlah masyarakat yang akan berobat pada kegiatan tersebut, mengingat  pihaknya hanya menyurati  desa-desa di dua kecamatan yakni Kecamatan Siantan dan kecamatan Siantan Selatan.

"Untuk kecamatan Siantan itu seluruh desa kita surati bahwa ada pengobatan gratis sedangkan untuk  kecamatan Siantan itu hanya dua desa yang satu daratan yakni  dengan Desa Tiangau dan Desa Air Bini," bebernya.

Untuk menyukseskan kegiatan tersebut lanjut Yessi,  pihaknya menyiapkan 30 paramedis dan 3 dokter yakni dua dokter umum dan dokter spesialis anak, serta obat-obatan dasar yang diberikan kepada masyarakat tersebut.

"Di sini kita melakukan pemeriksaan rutin seperti pengecekan darah, lalu pemeriksaan kesehatan anak, serta pelayanan kepada masyarakat yang sedang sakit," tuturnya.

Yessi mengungkapkan,  jika animo masyarakat dalam mengikuti  pengobatan gratis yang dilsakanakan pihaknya cukup tinggi, dan ini terbukti dari pukul 09.00 WIB dibukanya pengobatan gratis hingga pukul 11.00, di kecamatan Siantan sudah 110 orang masyarakat yang sudah melakukan pengobatan, baik itu pemeriksaan darah atau memeriksakan kesehatan anaknya.

"Rata-rata mereka yang datang itu berobat karena sakit," tukasnya.

Sayangnya pengobatan gratis tersebut  tidak dapat diselenggaran disetiap kecamatan yang ada,  rentang kendali menjadi pemicu pengobatan gratis tak dapat dilaksanakan disetiap kecamatan yang ada. "Kita hanya laksanakan pengobatan gratis di sekitar Kota Tarempa saja," ujarnya.

Rina, seorang warga yang mengikut pengobatan tersebut mengapresia kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah daerah, dan sangat berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan bukan hanya setiap ada acara besar saja namun jika bisa dilaksanakan satu bulan sekali.

"Kalau bisa dilaksanakan sebulan sekali itu akan sangat membantu masyarakat," imbuhnya.

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment