Kapal Perintis Jadi Solusi Memasok Kebutuhan Pokok Saat Musim Angin Utara


Kapal Perintis Jadi Solusi Memasok Kebutuhan Pokok Saat Musim Angin Utara

BATAMTODAY, Anambas - Kapal Perintis KM Kalimas Jaya menjadi solusi bagi masyarakat untuk memasok sejumlah kebutuhan pokok ketika lumpuhnya transportasi laut karena cuaca buruk.

"Iya benar, akibat cuaca buruk transportai laut lumpuh. Sehingga sejumlah kebutuhan pokok langka dan menyebabkan harga melambung tinggi, "ujar Nurizah, salah satu pedagang di Pasar Tradisional Tarempa, Senin (4/12/2017).

Dia menguraikan, sebelumnya harga cabai merah mencapai Rp 180 ribu per kilogram dan harga normal hanya Rp 50 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit tembus pada angka Rp 120 ribu per kilogram dengan harga normal Rp 60 ribu.

"Adanya Kapal Perintis, harga cabai merah sudah mulai turun dikisaran Rp 80 ribu per kilogram, dan cabai rawit Rp 70 ribu per kilogram. Dan pasokan telur sudah mulai melimpah, termasuk sayur-sayuran dan bumbu dapur lainnya," jelas Nurizah.

Sementara seorang pedagang di KM Kalimas Jaya, Pau mengatakan, meski memasuki musim utara, pihaknya tetap berlayar untuk memasok kebutuhan pokok masyarakat Anambas dan Midai, Natuna.

"Meski musim utara, kami tetap berlayar tiga kali dalam sebulan. Atau tiba di Anambas per sepuluh hari. Ini untuk memasok kebutuhan dasar masyarakat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, telur dan minyak goreng," jelasnya.

Dia menguraikan, harga jual cabai merah kering Rp 350 ribu per 9 kilogram atau berkisar Rp 38 ribu perkilogram, sementara harga sayur-sayuran mencapai 8 ribu perkilogram, bawang merah Rp 15 ribu perkilogram, bawang putih Rp 20 ribu perkilogram.

"Untuk telur Rp 38 ribu per papan. Harga ini memang sedikit mahal karena harga dari Tanjungpinang juga sudah mahal," akunya.

*Sumber : Media Online Batam Today

0 Comments

Leave a comment