Padang Melang Diharapkan Jadi Wisata Internasional


Padang Melang Diharapkan Jadi Wisata Internasional

Batampos (Jemaja - Letung) – Gubernur Kepri Nurdin Basirun berharap Pantai Padang Melang, Kepulauan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas bisa menjadi objek wisata bertaraf internasional. Untuk itu perlu koordinasi dan kerjasama seluruh pihak, baik masyarakat maupun pemerintah.

“Mari kita jaga bersama lokasi kita ini. Ada potensi yang besar dan jangan disia-siakan, peran pemerintah terkait berbagai regulasi diharapkan mampu meningkatkan potensinya. Dan tentu peran dari masyarakat untuk menjaga keindahan kebersihan pantai. Mari mulai tanamkan kesadaran dari diri sendiri untuk tidak membuang sampah di pantai dan dilaut agar tetap terjaga,” kata Nurdin saat menutup Festival Padang Melang 2017, Sabtu (13/5) di pantai Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Nurdin juga meminta kepada Pemkab Anambas, agar jika terjadi kendala atau kesulitan terkait perizinan dalam pengembangan pantai Padang Melang maka agar segera menyampaikan ke Pemprov Kepri. Hal ini agar kendala tersebut dapat segera terselesaikan dan tidak menjadi hambatan kedepan.

Pada kesempatan ini Gubernur menyerahkan 1000 lifejacket secara simbolis untuk seluruh Kabupaten dan Kota. Hal ini sebagai upaya Pemprov Kepri meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam berlayar. Mengingat Kepri dikelilingi laut dan transportasi utamanya adalah kendaraan laut.

Festival Padang Melang ini berlangsung sejak, Kamis (11/5) dengan berbagai agenda didalamnya, diantaranya perlombaan olahraga pantai seperti lomba kano, jongkong, lopek, renang, volly pantai serta permainan rakyat lainnya.

Selain itu disajikan pula Pameran Rumah Budaya, Parade Panggung Budaya, Bazar Kuliner, Oleh-oleh serta kerajinan dari UKM tempatan.

Di samping itu ada juga Pagelaran Kemilau Batik Cual serta Tour de Jemaja Island dimana pengunjung akan dimanjakan dengan kesejukan air terjun Neraja dan Air Biru, ketenangan area persawahan Bukit Padi, keindahan pantai Kusik dan Padang Melang, pesona terumbu karang pulau Ayam, pulau Blusan, pulau Merbak, serta wisata sejarah peninggalan perkampungan Vietnam di pulau Kuku dan pulau Nguan.

Khusus untuk perlombaan panjat pinang, Gubernur langsung spontan akan memberikan bantuan 5 buah sepeda dewasa untuk hadiahnya. Gubernur berharap dengan diberikannya hadiah sepeda dapat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari masyarakat juga meningkatkan kesadaran untuk berolahraga dengan bersepeda.

Festival Padang Melang sendiri ditutup dengan Pementasan Tari Gubang, yang merupakan khazanah budaya asli penduduk pulau Jemaja dengan melibatkan pemakaian 1000 Topeng Gubang, dimeriahkan dengan pesta Lampion Terbang dan ditutup dengan malam hiburan Artis Ibukota.

*Sumber : Batam Pos

0 Comments

Leave a comment