Pemkab Anambas Siap Menuju KEK


Pemkab Anambas Siap Menuju KEK

ANAMBAS (HK) - Sejumlah agenda dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menuju  Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwsita. Untuk memuluskan jalan tersebut Wakil Bupati Wan Zuhendra dan Sekretaris Daerah (sekda) KKA menghadiri acara KEK yang dilaksanakan di Bali.

"Saya mendampingi Pak Wabup mengikuti acara workshop penguatan Kemitraan Jejaring KEK di Hotel Swiss Bel Tuban Kubu Anyer Kuta Bali,"demikian disampaikan Sahtiar,  Sekretaris Daerah KKA melalui Telepon genggamnya,  Kamis (2/3).

Mantan Kepala Dinas Perkerjaan Umum KKA itu  mengungkapkan,  tujuan kegiatan tersebut adalah menyampaikan ke daerah-daerah tentang point-point apa yang dibutuhkan oleh pemerintah daerah untuk penetapan KEK.

"Selain itu pada kegiatan tersebut juga mengecek kesiapan daerah sebelum ditetapkan sebagai KEK," bebernya.

Lebih jauh salah satu sekretaris daerah termuda di Provinsi Kepri ini  menjelaskan,  jika poros KEK merupakan sinergi antara Pemerintah Daerah, Pemerintah Provinsi serta Pusat, KEK bisa diajukan ke pusat dan dibuat oleh swasta maupun Badan Usaha.

"Untuk swasta yang berbentuk badan usaha mesti mendapatkan persetujuan pemerintah daerah untuk mengajukan KEK," tuturnya.

Anambas sendiri tambah Sahtiar,  ada 18 langkah yang mesti dipenuhi untuk  menjadikan daerah sebagai KEK, dan langkah-langkah tersebut mesti dipenuhi untuk memuluskan jalan menjadi KEK. Pada hari Sabtu(4/3) mendatang  kata Sahtiar, akan turun sebanyak 25 orang dari Kemeko Maritim ke Anambas untuk  melakukan persiapan KEK di Anambas.

"Kita akan kedatangan 25 orang dari pihak Kemenko Maritim untuk menyampaikan point-point menuju Anambas menjadi salah satu KEK di Indonesia, mereka akan berada di Anambas selama 3 hari yakni dari tanggal 4 sampai dengan 6 maret 2017 mendatang," tukasnya.

Pemerintah daerah sangat fokus pada KEK, bahkan sejak awal Bupati KKA sudah melaksanakan ekspos di kementrian dalam rangka mewujudkan Anambas menjadi salah satu daerah yang memiliki KEK di Indonesia.

"Kita sangat konsen kepada KEK ini, bahkan selain melakukan sejumlah persiapan, Pak Bupati Juga sudah melakukan ekspos ke Kementerian," tutupnya.

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment