Pengerjaan Fiber Optik Palapa Ring Barat Berlanjut


Pengerjaan Fiber Optik Palapa Ring Barat Berlanjut

batampos (anambas) – Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal menjelaskan jika proses pengerjaan proyek fiber optik palapa ring Barat terus berjalan. Di Anambas sendiri proses pekerjaannya juga terus berjalan.

“Ini merupakan proyek pemerintah pusat. Diharapkan jika proses pekerjaan lancar, maka pada akhir tahun 2018 akan selesai dan pada awal tahun 2019, sudah bisa dioperasikan, ” ungkap Japrizal,

Dia juga mengatakan sejak beberapa hari yang lalu kementerian sudah meresmikan pengeluaran kabel optik yang di Batam. Setelah Batam selesai kemungkinan langsung dihubungkan ke Anambas. Karena koneksinya dari Batam Anambas baru Natuna.

“Kalau Batam sudah digelar, kemungkinan itu sampai ke Anambas. Jadi yang di Anambas tinggal dihubungkan ke Natuna, ” ungkapnya lagi.

Jika palapa ring Barat ini sudah beroperasi, maka diharapkan bisa menjawab masalah telekomunikasi di daerah perbatasan dan daerah terluar. Pasalnya ini nantinya bisa dimanfaatkan siapa saja termasuk pihak swasta. Namun mengenai teknisnya dirinya mengaku belum mengetahui secara detail.

“Palapa Ring Barat ini ada diseluruh Kabupaten kota di Indonesia. Namun untuk pengoperasiannya kita belum tahu pasti, apakah nanti pemerintah daerah atau seperti apa, ” ungkapnya.

Karena ini terhubung diseluruh Kabupaten Kota maka koneksinya hanya sekitar kota. Sementara itu di Kecamatan kecamatan yang berjauhan dengan pusat kota itu masih dipikirkan. “Untuk di kecamatan yang jauh dari kota, itu masih kita pikirkan,” jelas Japrizal.

*Sumber : Batam Pos

0 Comments

Leave a comment