Pramuka Kwarcab Anambas Upacara Peringati Hari Pahlawan Di Pulau Terluar


Pramuka Kwarcab Anambas Upacara Peringati Hari Pahlawan Di Pulau Terluar

BATAMTODAY, Anambas - Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Anambas menyelenggarakan Upacara Penaikan Bendera memperingati Hari Pahlawan di Pulau Tokong Nanas. Pulau tersebut merupakan salah satu pulau terluar di Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Sebelumnya kami menargetkan Upacara Hari Sumpah Pemuda di Pulau Tokong Nanas. Karena 28 Oktober lalu ada halangan, maka jadwalnya digeser menjadi tanggal 10 November 2017 sekaligus memperingati Hari Pahlawan," ujar Ketua Pramuka Kwarcab Anambas, Wan Zuhendra, Jumat (10/11/2017).

Dia menerangkan, Upacara Penaikan Bendera di Pulau Terluar Anambas bertujuan untuk mengajak seluruh komponen menjaga kedaulatan dan kesatuan Republik Indonesia. 

"Seperti pesan pahlawan kita yakni menjaga keutuhan, kesatuan, kedaulatan NKRI. Untuk itu kita mengajak seluruh elemen menjaga keutuhan di daerah perbatasan dan terluar ini," ujarnya.

Meski upacara yang dihelat sangat singkat dan sederhana, namun upacara tersebut berjalan khusuk dan khidmat. Baik Penghormatan Bendera dan Doa bersama untuk arwah para pahlawan yang gugur untuk kemerdekaan Indonesia. 

Selain anggota Pramuka, TNI/Polri dan masyarakat juga turut mengikuti upacara di atas tongkang yang sebelumnya sudah disediakan panitia. Dan Ketua Pramuka Kwarcab Anambas, Wan Zuhendra menjadi Pembina Upacara.

*Sumber : Batam Today

0 Comments

Leave a comment