Ribuan Warga Saksikan Festival Padang Melang


Ribuan Warga Saksikan Festival Padang Melang

ANAMBAS (HK)  - Ribuan warga hadiri pembukaan Festival Padang Melang (FPM) yang  dibuka langsung  Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas,  Abdul Haris,SH  Kamis (11/5) pukul 21.00 WIB.

Pembukaan tersebut diiringi pemukulan gong oleh Bupati didampingi Wakil Bupati, unsur Pimpinan DPRD, Sekretaris Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, Ketua LAM, Pabung Kodim Natuna, dan Sekda Anambas.

Menariknya lagi animo masyarakar dalam menyaksilan FPM sangat luar biasa, bahkan Letung yang tak pernah macet, terjadi pertama kali kemacetan hingga 250 meter. 

Bupati Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan,  Festival Padang Melang merupakan modal dan dasar Pemkab Anambas untuk mengembangkan pariwisata. Dari 255 pulau di Anambas, terdapat 70 pulau yang masuk kategori destinasi pariwisata.

"Festival Padang Melang merupakan sarana promosi pariwisata Anambas. Melalui kegiatan ini, mudah-mudahan pariwisata Anambas semakin berkembang,"demikian disampaikan Haris.

Diatas mimbar Haris mengungkapkan, mengembangkan pariwisata di Anambas butuh waktu dan proses. Pihaknya juga saat ini lebih konsen mengembangkan sektor pariwisata dari pada mengembangkan pertambangan.

"Kalau alam dihias, makin hari makin menarik. Bahkan wisatawan semakin penasaran. Berbeda dengan Pertambangan, awalnya memang menghasilkan. Tetapi ketika kekayaan alam sudah habis, dampaknya yang besar akan ditinggal. Untuk itu kami lebih fokus untuk pengembangan pariwisata. Seiring berkembangnya waktu, dampak berkembangnya wisata juga akan dirasakan oleh masyarakat,"tuturnya.

Dia juga mengapresiasi masyarakat yang sudah memberikan kontribusi terhadap Festival Padang Melang. Menurutnya, perkembangan pariwisata di Anambas akan mustahil tanpa dukungan masyarakat.

"Saya sangat senang masyarakat sadar akan potensi pariwisata kita. Salah satu pendukung berkembangnya pariwisata ialah masyarakat. Masyarakat harus berperan aktif mendukung pariwisata. Karena dampaknya pariwisata ini juga untuk masyarakat. Marilah kita bahu-membahu mengembangkan wisata Anambas ini. Kita jaga kelestarian alam ini. Kalau alam tetap terjaga, wisatawan akan selalu tertarik berkunjung ke Anambas,"tuturnya.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi,  Kepri Buralimar menyampaikan permintaan maaf Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang tak dapat datang pada acara pembukaan, kendati demikian Buralimar memastikan jika gubernur datang pada  hari Sabtu subuh.

"Insya Allah pak gubernur berangkat pukul 10 malam dan sampai sebelum subuh dan sholat subuh berjamaah di Masjid Al-Kuatsar," ujarnya.

Buralimar juga mengapresiasi dilaksanakannya FPM  karena fasilitas penunjangnya sudah cukup memadai seperti penginapan dan lainnya. "Agenda ini mesti  dilanjutkan setiap tahunnya dan akan diupayakan menjadi agenda provinsi dan agenda nasional," paparnya.

*Sumber : Haluan Kepri

0 Comments

Leave a comment