Tingkatkan Sarana Dan Prasarana Air Bersih


Tingkatkan Sarana Dan Prasarana Air Bersih

batampos.anambas – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas meminta kepada pemerintah daerah dapat meningkatkan sarana dan prasarana air bersih terutama untuk sambungan ke rumah-rumah warga. Karena menurut pemantauan dewan, saat ini masih banyak saluran yang belum terpasang ke rumah-rumah warga.

Belum lagi dengan sering terjadi pipa pecah pada saluran yang ada saat ini, makin membuat sebagian masyarakat Tarempa dan sekitarnya sering mengalami kekurangan air bersih meski musim penghujan datang.

“Belum semua rumah warga terpasang saluran air. Masih banyak saluran rakyat (SR) yang belum terpasang ke rumah-rumah warga,” ungkap juru bicara Fraksi Amanat Karya Indonesia Raya (Akir) Yulius kepada wartawan kemarin.

Selain dapat meningkatkan sarana dan prasarana air bersih, Yulius, juga meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya saat ini masih bergantung pada dana perimbangan yang bersumber dari pemerintah pusat.

Salah satu cara yakni agar meningkatkan hasil pajak daerah. Baik dari perusahaan-perusahaan yang ada maupun dari sumber lain seperti pajak hotel dan restoran yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Untuk meningkatkan pajak daerah dari hotel dan restoran, pemda bisa menekankan agar mereka menggunakan Bill dari pemerintah daerah,” ungkapnya lagi.

Sementara itu Samsat pembantu yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas juga bisa ditingkatkan menjadi Samsat utama supaya Anambas tidak lagi bergantung pada pemerataan dari Provinsi tapi bisa menjadi daerah penghasil.

“Masih banyak potensi PAD yang harus digali. Seperti mengingatkan pemilik ferry agar sandar di pelabuhan pemda, tidak di pelabuhan pelni lagi supaya ada retribusi dari pelabuhan pemda,” ungkapnya.

*Sumber : Media Online Batam Pos

0 Comments

Leave a comment