APBD-P KKA Meningkat 5 Persen

  • Tuesday, 11 July 2017

ANAMBAS (HK) -  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah  Perubahan (APBD-P) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tahun 2017 mengalami  kenaikan sekitar 5 persen. Peningkatan tersebut karena  anggaran tunda salur dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah (Pemda). Selain itu  juga terjadi kareba i pendapatan lain dari Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Seperti diketahui sebelumnya  APBD tahun 2016 sebesar Rp894,2 Miliar, sedangkan realisasi anggaran tahun 2016 berkisarRp 795,3 Milyar atau 88,94 persen. Artinya ada sisa anggaran sekitar sekitar Rp97,8 miliar.

Sedangkan pada anggaran perubahan tahun ini mengalami kenaikan sebesar 5 persen, anggaran itu bersumber dari anggaran tunda salur yang mestinya di salurkan pada tahun yang lalu, makanya mengalami peningkatan pendapatan, ada juga pendapatan lain dari PAD.

“Ya benar Anambas mengalami peningkatan pendapatan pada anggaran perubahan tahun ini, tapi secara pasti angkanya belum bisa disampaikan . Untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan kepada Kepala Bagian Keuangan Daerah (BKD),” demikian disampaikan Augus Raja Unggul Balitbangpeda Melalui telepon genggamnya,  Minggu (9/7).

Sementara itu   kepada Kepala BKD, Azwandi juga tidak bisa memberikan keterangan secara rinci, sebab saat ini masih dilakukan penghitungan dan penyusunan anggaran untuk dibahas di paripurna APBD P bersama DPRD beberapa minggu mendatang. Oleh sebab itu ia hanya bisa memberi gambaran terkait peningkatan anggaran itu sebesar  5 persen.

Mengenai anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) atau anggaran desa tidak mengalami kenaikan, hanya ada transfer anggaran dari pemerintah pusat yang sebelumnya tidak ditransfer, akan tetapi PAD ada peningkatan sedikit.

Kendati demikian mantan Kepala Bagian Pembangunan sekretariat daerah KKA itu  berjanji jika sudah selesai melakukan penyusunan anggaran akan disampaikan secara detail dan hal itu akan di laporkan Bupati Kepulauan Anambas di dalam rapat paripurna bersama DPRD nantinya.

“Angka pastinya tidak bisa saya sampaikan saat ini namun setelah penyusunan anggaran akan disampaikan langsung oleh Bupati di rapat Paripurna bersama DPRD nantinya.



Sumber : HaluanKepri

Copyright © 2014. | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas. | All right reserved.