Palapa Ring Barat Akan Memulai Pergelaran Kabel Laut Fiber Optic Di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas

  • Wednesday, 09 August 2017

ANAMBASKOMINFO - Dalam rangka menuntaskan kesenjangan akses telekomunikasi dan aksesbilitas internet wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) khususnya di Tarempa, Kementrian Kominfo RI Melalui Palapa Ring Barat akan melakukan pergelaran Kabel laut Fiber Optic.

Fiber optic merupakan back bone (tulang punggung) jaringan telekomunikasi. Dengan menggunakan fiber optik, kualitas telekomunikasi dan multimedia menjadi lebih bagus dengan biaya yang lebih murah bila dibandingkan dengan radio link yang dipakai saat ini.

Pengerjaan gelaran kabel akan dibentang di depan Kantor Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora-red) dan di depan Sekolah Menengah Pertama (SMP) I Siantan. Pihak Palapa Ring yang diwakili Gampang Tegar menyebutkan, “Selama pengerjaan akan sedikit mengalami kebisingan diakibatkan adanya pekerja yang jumlahnya cukup banyak. Di samping itu, nantinya juga akan ada banyak kapal yang berlabuh di pelabuhan yang berada di Belakang Kantor Disdikpora karena kabelnya akan digelar ke bawah laut,” katanya.

Selain akan terjadinya kebisingan, efek dari pengerjaan gelaran kabel ini adalah akan terjadinya kerusakan pada pekarangan kantor/pagar. “Karena Kemungkinan terburuk dari pengerjaan ini tentunya pagar dari kantor Disdikpora akan dibongkar,” lanjut Gampang.

Untuk itu, Pihak Palapa Ring melakukan kunjungan ke Disdikpora KKA untuk mengonfirmasi hal tersebut, Selasa (01/08/2017). Pada kesempatan itu, Sekretaris Disdikpora Aisiyah mengatakan, “Kami menyambut baik dengan adanya pengerjaan fiber optic ini, namun Kami meminta Palapa Ring untuk dapat bertanggungjawab jika terjadi kerusakan pada pagar kantor kami dengan membuat perjanjian tertulis,” tandasnya saat dijumpai di Ruang kerjanya.

Terkait dengan hal itu, Gampang menegaskan, “Kami akan menanggung semua biaya pembangunan kembali pagar disdikpora yang akan dibongkar,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi-red) Aplikasi E-Government Diskominfotik KKA Erfin Wibowo dan Kasi Pelayanan Informasi dan Komunikasi Diskominfotik KKA Andi Marta yang pada saat itu ikut menemani tim dari Palapa Ring berharap, “Semoga setelah fiber optic tersambung, jaringan telekomunikasi di KKA semakin membaik dan masyarakat bisa mengakses internet dengan lebih efektif,” katanya.

Sumber : Diskominfotik KKA

Copyright © 2014. | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas. | All right reserved.