Pemkab Anambas Terapkan ASIS

  • Thursday, 01 February 2018

ANAMBAS (HK) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sejak (1/1/2018) telah menerapkan aplikasi Anambas Singel Informasi Sistem (ASIS).
Wakil Bupati KKA,  Wan  Zuhendra mengatakan, aplikasi ASIS sangat penting dilaksanakan karena sangat membantu pemerintah daerah dalam monitoring, administratif, transaksi non tunai dan lainnya. "Aplikasi ini  efisien, efektif dan sangat membantu pemerintah daerah."kata Wan Rabu (24/1)

Apalagi tambah Wan pihaknya telah menerapkan aplikasi non tunai disemua  perangkat daerah, tentunya dengan aplikasi ini dapat menunjang hal itu. "Asis ini mempermudah transaksi non Tunai yang sedang diterapkan," ujarnya.

Terpisah Kepala Badan Kuangan Daerah (BKD),  Azwandi mengatakan, untuk saat ini semua transaksi keuangan pemerintah daerah telah menggunakan transaksi non tunai.  Bahkan menurut Azwandi,  sejak Oktober 2017 silam,  tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) antara lain yakni BKD, Kominfo dan Inspektorat telah melaksanakannya.

"Tiga dinas dijadikan pilot project dan berhasil dan itu akan diikuti oleh Instansi yang lain," urainya.

Selanjutnya ungkap Azwandi,  pada bulan Desember 2017 sejumlah dinas seperti Satpol PP, Kesbangpol,  Disdukcapil, Dinas Koperasi, PTSP Naker, Balitbangpeda dan BKPSDM juga melaksanakannya. "Terakhir pada Bulan Januari sisanya seperti DPRD, sekretariat juga melaksanakan," bebernya.

Mantan Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah KKA  itu menyampaikan,  transaksi non tunai ini merupakan amanat undang-undang dan diinstruksikan langsung oleh Presiden RI. "Kita harus melaksanakan transaksi non tunai karena memang amanat Undang-Undang," tukasnya.

Sementara itu Desrian, Kepala Kantor Cabang Pembatu Bank Riau Kepri  Tarempa  mengungkapkan, untuk mendukung transaksi non tunai  pihaknya telah menyiapkan aplikasi sendiri. "Insya Allah Bank Riau Kepri siap mendungkung  transaksi non tunai  pemerintah daerah agar dapat berjalan dengan baik dan optimal," imbuhnya.***(yud)

(Sumber : HaluanKepri)

Copyright © 2014. | Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Anambas. | All right reserved.