bimcell tl yükleme

Seslendirme

Kabupaten Kepulauan Anambas

Jalan SP Putus, Pemda Bangun Pelantar


Jalan SP Putus, Pemda Bangun Pelantar

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Sahtiar, meninjau langsung terkait putusnya pelantar beton Selayang Pandang (SP) karena dihantam gelombang tinggi baru-baru ini.

Untuk dapat dilintasi jelang pembangunan dilaksanakan, maka akan dibangunan pelantar kayu sebagai alternatif lalu lintas bagi pengguna sepeda motor.

”Hari ini para pekerja sudah mengerjakan pekerjaan itu, bahkan mereka sudah memesan bahan kayu untuk dibangun pelantar sebagai akses alternatif bagi pengguna sepeda motor,” kata Sahtiar, SH selaku Sekda Anambas, Kamis (10/1).

Dilokasi itu ia menyampaikan, pelantar kayu itu dibangun dari bahan kayu dengan lebar sekitar 2 meter dan panjangnya sekitar 100 meter. Pihaknya sudah perintahkan Dinas Pekerjaan Umum (PU), untuk melaksanakan pekerjaan tersebut.

”Pelantar itu dibangun untuk sementara waktu saja. Akses jalan alternatif di Jalan Pasir Merah sangat terjal, dan makanya kita bangun jalan alternatif tersebut,” ucap dia.

Ia juga menambahkan, untuk pekerjaan pembangunan pelantar SP yang baru belum dilakukan proses lelang dan itu segera akan dilaksanakan lelangnya. Lelang proyek tersebut, juga secara bertahap dan tidak bisa dilintasi juga nanti.

Olehnya, maka pihaknya memanfaatkan dulu akses jalan yang ada saat ini.

”Kalau proyek Jlan Pelantar SP yang baru itu, soal lain dan itu dilaksanakan secara bertahap atau multiyears. Prosesnya juga panjang, dan bisa mencapai 3 tahun baru rampung,” terangnya.

Sementara itu, katanya, ada juga warga akan menyumbang sejumlah bahan bangunan untuk dibangun pelantar kayu. Namun itu perlu dilakukan surat pernyataan, yakni tentang hibah barang.

Akan tetapi, sumbangan itu hingga hari ini belum ada yang memberikan.

”Pastinya, pekerjaan pembangunan pelantar kayu itu, segera dilakukan sebagai akses jalan alternatif bagi masyarakat yang ingin melintas jalan SP lagi,” tutup dia.

Belum lama ini, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas memerintahkan seluruh pegawai yang bekerja dilingkungan kantor Pemerintahan Anambas untuk dapat mengikuti kegiatan gotong royong (Goro) bersama membersihkan jalan alternatif yakni Jalan Pasir Merah.

akses jalan di Pasir Merah sangat sepi pengguna kendaraan roda dua untuk memanfaatkannya bahkan sudah semak blukar. Kini, jalan di Pasir Merah harus dimanfaatkan kembali akibat putusnya pelantar beton SP itu.

”Semua pegawai harus ikut gotong royong tanpa terkecuali. Jalan SP putus, kita manfaatkan akses jalan yang lama. Meskipun harus ekstra hati-hati ketika melintas jalan ini, karena terjal dan naik turun gunung,” kata Abdul Haris sebagai Bupati Anambas, Jumat (4/1).

Haris mengakui, pihaknya telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum untuk menambal jalan yang berlubang. Sedangkan, Dinas Perhubungan memasang penerangan jalan di Jalan Pasir Merah.

”Sudah kita perintahkan PU dan Dishub, untuk memperbaiki jalan dan membuat penerangan jalan. Karena kondisi jalan sangat gelap pada malam hari, sementara ada jalan yang terjal dan berlubang,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada seluruh masyarakat, yang memanfaatkan akses Jalan Pasir Merah lebih hati-hati dan bagi kendaran roda empat tidak bisa melintasi jalan tersebut karena jalannya sangat kecil dan terjal.

*Sumber : TanjungPinangPos


0 Comments

Leave a comment