Kabupaten Kepulauan Anambas 5 (Lima) Kali Raih Predikat WTP Secara Beruntun!

Kabupaten Kepulauan Anambas 5 (Lima) Kali Raih Predikat WTP  Secara Beruntun!

InfoPublik, Anambas - Suatu Kebanggaan dan Apresiasi bagi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dimana pada tahun 2022 kembali raih opini penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Sebagai Kabupaten termuda di Provinsi Kepulauan Riau, Kabupaten Kepulauan Anambas telah 5 (lima) kali secara beruntun meraih penghargaan WTP pada masa kepemimpinan Abdul Haris, SH dan Wan Zuhendra selaku Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas. 

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, SH mengaku bersyukur,  meski Anambas sebagai daerah yang berusia muda telah berhasil meraih penilaian WTP sebanyak lima kali secara berturut-turut 

"Alhamdulillah Anambas kembali mendapatkan penilaian Opini Wajar Tanpa Pengecualian pada audit BPK tahun ini, ujar Haris."

Abdul Haris juga memberikan apresiasi kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melakukan pengelolaan keuangan dengan rapi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Kendati demikian dengan penghargaan WTP yang didapatkan saat ini tidak menjamin adanya persoalan dalam pengelolaan keuangan, oleh sebab itu OPD kedepannya harus lebih patuh lagi dalam melakukan pengelolaan keuangan.

"Meski meraih WTP,  masih terdapat  catatan yang harus diselesaikan, seperti aset, pengembalian kelebihan bayar dan lainnya, hal ini mesti menjadi perhatian kedepannya agar pengelolaan semakin baik, jelas Haris." 

Bupati Kepulauan Anambas dengan tegas mengingatkan kepada OPD kedepan harus lebih berhati-hati dalam melakukan pengelolaan keuangan semisal, dalam memberikan bantuan sosial harus ada proposal, kemudian pembayaran pada pihak ke III dalam pengerjaanya harus selesai dan lainnya. 

"Dengan diraihnya penghargaan secara berturut-turut ini, kedepan audit yang di lakukan BPK juga semakin dalam dan teliti, maka dari itu tentu OPD harus benar-benar menyampaikan laporan sesuai dengan fakta dilapangan, karena apabila ini tidak sesuai akan berbahaya, dan dampaknya akan merugikan kita, tegas Haris."

Pada kesempatan itu juga Bupati berpesan kepada Kepala Desa yang ada di Anambas untuk benar-benar melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, sehingga kedepan tidak ada persoalan.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar, SH.,MM yang turut hadir pada agenda tersebut mengucapkan ucapan terima kasih kepada seluruh OPD dan Tim BKD serta Tim Inspektorat yang sudah bekerja dengan baik. 

Sahtiar juga menyampaikan harapannya agar kedepan semakin ditingkatkan lagi untuk tetap mempertahankan opini WTP. 

Selanjutnya, Sekda Kabupaten Kepulauan Anambas tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas yang telah mendorong dan memotivasi kita semua untuk bekerja lebih semangat lagi.

Disamping itu Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Hani Muzwati, S.Pd yang turut hadir mendampingi Bupati Kepulauan Anambas dalam agenda tersebut mengatakan ucapan terimakasih kepada seluruh OPD di Kabupaten Kepulauan Anambas karena dengan kebersamaan kepatuhan Anambas kembali meraih WTP.

"Alhamdulillah dengan kebersamaan dan kepatuhan dalam pengolahan keuangan daerah, Kabupaten Kepulauan Anambas kembali meraih WTP, ungkap Hani." 

Hasil penilaian WTP Kabupaten Kepulauan Anambas yang dilaksanakan dikantor BPK Perwakilan Provinsi Kepri diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Masmudi, SE, M.SI, Ak, Ca CSFA,  di Batam Rabu (18/5/2022). 

Turut hadir dalam agenda tersebut mendampingi Bupati Kepulauan Anambas yaitu Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Inspektur Kabupaten Kepulauan Anambas, Plt. Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas serta Tim LKPD Kabupaten Kepulauan Anambas.



DISKOMINFOTIK KKA/MA

0 Comments

Leave a comment