LANAL TAREMPA GELAR UPACARA PERINGATAN HUT KE-77 TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2022

LANAL TAREMPA GELAR UPACARA PERINGATAN HUT KE-77 TNI ANGKATAN LAUT TAHUN 2022

InfoPublik, Anambas - Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 10 September 2022, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla beserta Perwira Staf dan prajurit Lanal Tarempa  laksanakan Upacara yang bertempat di lapangan Mess Lanal Tarempa pada (Senin, 12/9/2022).

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI AL Tahun 2022  mengangkat tema "TNI AL Yang Profesional, Modern Dan Tangguh Siap Mendukung Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Hadir dalam rangkaian acara tersebut Bupati Kepulauan Anambas yang diwakili oleh Asisten III  (Andi Agrial), Dandim 0318/ Natuna (Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis), Kapolres Anambas (AKBP Syafrudin S. Sakti, S.I.K), Danlanudal Matak diwakili ( Kapten Laut (T) Ukan S), Kacabjari Natuna di Tarempa diwakili (Alvin, S.H), Danramil 02 Tarempa (Kapten Inf Inman Manurung), Kapolsek Siantan diwakili (Ipda Pol  Muslim), Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI diwakili (Ispaisah), Kepala Kantor Unit Penyelenggara pelabuhan kelas II Tarempa (Jemi Permana), Kepala PSDKP (Jasman, S.A.P), Kepala Unit BRI Tarempa (Farid Asparudin), Kepala KCP BNI Tarempa (Deri Chandra), Ketua Cabang 3 Korcab IV DJA I (Ny. Fionna Yovan A), Perwakilan purnawirawan TNI AL (Serma Purn Djuri dan Serma Purn Yatim.

Selanjutnya, dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke - 77 TNI AL, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla bertindak selaku Inspektur Upacara, Pjs. Danposal Jemaja, Lettu Mar Budi Irmanto bertindak selaku Komandan Upacara, dan yang bertindak sebagai Perwira Upacara adalah Pjs. Paurkumla, Letda Laut (P) Nur Aziz.

Selain itu dalam upacara yang berlangsung khidmat dan sakral tersebut pasukan upacara terdiri dari : 

-Ton Perwira : 1 Pleton

-Kompi 1 :

1) TNI AD : 1 Pleton

2) TNI AL BA : 1 Pleton

3) TNI AL TA : 1 Pleton

-Kompi 2 :

1) Polri : 1 Pleton

2) Saka Bahari Putra : 1 Pleton

3) Saka Bahari Putri : 1 Pleton

Selanjutnya Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla dalam pidatonya menyampaikan 

Sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang telah terukir dengan tinta emas sejak lahirnya Bangsa Indonesia 77 tahun silam.

"Selama 77 tahun TNI AL selalu hadir dalam upaya menjaga kedaulatan dan mempertahankan keutuhan bangsa dan negara sebagai jaminan keselamatan dan kelangsungan hidup Bangsa Indonesia," ungkap Letkol Laut (P) Yovan. 

Selanjutnya, Letkol Laut (P) Yovan juga mengatakan kepada Prajurit Samudra yang dibanggakan  bahwa sebagai negara maritim laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia. 

"Kelangsungan hidup bangsa ini tidak akan pernah lepas dari bagaimana cara kita memandang lautan nusantara sebagai sumber kehidupan dan cara untuk bertahan hidup lautan menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian bangsa Indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim," ungkapnya.

Selain itu, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tarempa, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla juga mengatakan bahwa Di dasar laut juga membentang kabel optik sarana ekonomi digital masa kini yang semakin hari semakin vital dalam kemajuan perekonomian bangsa. 

"Telah membentang kabel Fiber Optic yang merupakan sarana digital masa kini,tidak lupa kontribusi besar sumber daya perikanan dan pariwisata Bahari serta sumber daya alam lainnya yang terkandung di bawah laut membuktikan bahwa sektor maritim memegang peran penting bagi tumbuh dan berkembangnya bangsa Indonesia tidak bisa dipungkiri kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat laut, jaminan keamanan  bernavigasi, jaminan atas terbukanya akses yang sama pada sumber daya alam yang semuanya membutuhkan kekuatan TNI Angkatan Laut yang memiliki daya gentar, daya manuver dan daya pukul tinggi serta jangkauan operasional yang mencakup seluruh wilayah perairan yurisdiksi Indonesia modern," jelas Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla. 

Selanjutnya dalam pidatonya, Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla juga mengatakan bahwa  TNI Angkatan Laut berupaya untuk terus melaksanakan pembangunan fasilitas pendidikan dan latihan, fasilitas perumahan prajurit, fasilitas ibadah, fasilitas olahraga serta fasilitas perkantoran untuk menjamin seluruh prajurit bekerja dengan moril tinggi dimanapun ditugaskan. 

"Sebagai generasi penerus Kami mengucapkan terima kasih atas landasan tokoh yang telah dibangun para senior dan pendahulu," ungkap Yovan.

Dipenutup pidatonya dengan penuh semangat membara dengan lantang Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, S.E., M.Tr. Opsla mengucapkan Pulihlah Indonesiaku bangkitlah lebih kuat percayalah selalu "Jalesveva Jayamahe, Semoga Tuhan yang maha kuasa memberikan bimbingan, perlindungan, kekuatan dan hidayahnya kepada kita sekalian dalam mengabdikan diri demi kejayaan TNI Angkatan Laut, bangsa dan negara Indonesia tercinta. DIRGAHAYU TNI AL. 

Selanjutnya acara dilaksanakan dengan Pemberian penghargaan kepada Prajurit Lanal Tarempa yang berprestasi, penghargaan prestasi yang digapai diantaranya : 

1. Posal berprestasi dalam hal ini Posal telah melakukan tugasnya dalam penyelenggaraan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke - 77 dipulau terluar 

2. Tim pencari korban jatuh dilaut, dalam hal ini telah berhasil ditemukan oleh prajurit lanal tarempa serta melakukan penyelamatan korban dilaut dan berhasil mengevakuasi korban tersebut. 

3. Personil yang paling kreatif di lanal Tarempa, dimana pencetus ide - ide kreatif dalam acara - acara yang dilakukan lanal Tarempa.

Acara peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke - 77 Tahun 2022 dilanjutkan didalam gedung Napoleon Lanal Tarempa dimana berlangsung Syukuran HUT TNI AL ke-77 Tahun 2022. 


*DISKOMINFOTIK KKA

0 Comments

Leave a comment