Anambas Raih WTP


Anambas Raih WTP




Anambas (HK) – Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) kembali sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Kepri.

Prestasi tersebut menasbihkan Anambas menjadi daerah yang tiga kali secara beruntun mendapatkan opini WTP dari BPK RI dan ke empat kali dimasa pemerintahan Haris-Wan Bermadah dalam melanjutkan pembangunan.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kepri Widhi Widayat,SE, M.Si, CSFA, Ak, CA kepada Bupati KKA Abdul Haris, SH dan Wakil Bupati Wan Zuhendra melalui video conference di ruang rapat Kantor Bupati KKA di Pasir Peti, Rabu (26/5/2020).

“Alhamdulillah kita kembali mendapatkan opini WTP dari BPK RI, dan ini tiga kali secara beruntun,” ujar Haris.

Didampingi Wakil Bupati Wan Zuhendra, Haris menguraikan, sejatinya sepanjang kepemimpinan, Haris-Wan telah meraih sebanyak empat kali Opni WTP dari BPK, yakni pada tahun 2016, 2018, 2019 dan tahun 2020.

“Sempat terputus pada 2017 hal itu disebabkan oleh masih belum rampungnya persoalan aset antara Anambas dan Natuna. Maka, dari itu kami langsung melakukan MoU dengan Natuna untuk menuntaskan persoalan aset tersebut, Alhamdulillah selesai dan kita dapat meraih tiga kali WTP secara beruntun,” paparnya.

Kunci dari keberhasilan ini lanjut Bupati, adalah kerjasama antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyelesaikan administrasi dan menindaklanjuti rekomendasi yang disampaikan oleh BPK, serta penguatan Inspektorat yang melakukan pengawasan secara intern.

“Inspektorat yang kuat menjadi salah satu safety pemerintah dalam melakukan pengawasan secara intern untuk mengingatkan OPD,”tuturnya.

Kendati demikian Haris mengakui bahwa terdapat beberapa catatan yang diberikan oleh BPK untuk ditindak lanjuti, seperti kekurangan volume jalan yang harus dikembalikan, kemudian ada administrasi dana bos yang sifatnya ringan.

“Kedepan akan ada monitoring APIP dan diberikan award mana OPD yang kepatuhannya paling baik,”tukasnya.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) KKA Azwandi, SE mengatakan, apabila Anambas berhasil meraih WTP lima kali secara berturut-turut maka Bupati akan dipanggil ke istana untuk meraih penghargaan.

“Selain itu juga mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID) untuk penguatan kelembagaan pemerintah daerah. Tahun ini kita sudah mendapatkan DID dari pemerintah pusat sebesar Rp28 milliar,”pungkasnya.

Hadir dalam Vidcon tersebut antara lain yakni, Wakil Bupati KKA Wan Zuhendra, Plt Kepala Inspektorat Yendi, Inspektur Adi Guna, Kepala BKD Azwandi.(yud)

0 Comments

Leave a comment