Bupati Kepulauan Anambas Resmi Membuka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dan Non Fisik

Bupati Kepulauan Anambas Resmi Membuka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dan Non Fisik

InfoPublik, Anambas - Bupati Kepulauan Anambas secara resmi membuka Pelatihan Tematik Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Dan Non Fisik serta penanaman secara simbolis Bibit Mangga VUB Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kepulauan Riau yang berlangsung di Gedung Pemuda Desa Tarempa Timur (1/8/22). 

Kegiatan ini di ikuti oleh sebanyak 9 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang juga merupakan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penganekaragaman Konsumsi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal. 

Kepala BPTP Provinsi Kepulauan Riau,  Dr. Ir. M. Alwi Mustaha, M.Si mengatakan sebagai bentuk BPTP Kepri memberikan ruang kepada Kabupaten Kepulauan Anambas adalah dengan melakukan penanaman Padi Kesehatan yang mana berasnya dapat bermanfaat sebagai penurunan stunting pada anak. 

"Mohon doa dan dukungannya pak Bupati sehingga nanti ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat yang membutuhkannya", jelasnya.

Selain itu juga dilakuna penyerahan Bibit mangga unggul dari Kepala BPTP Kepri kepada Bupati Kepulauan Anambas dengan harapan kedepannya dapat di pelihara sehingga dapat timbuh dan berkembang dengan baik. 

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, S.H dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemerintah Provinsi kepada Kabupaten Kepulauan Anambas. 

"Program Pangan Lestari ini tentunya menjadi solusi terhadap ketahanan pangan keluarga yang tujuannya tidak hanya untuk penguatan pangan, tetapi juga untuk perbaikan ekonomi keluarga", ucap bupati 

Program ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan perkarangan, lahan kosong yang tidak produktif sehingga menjadi produktif sebagai penghasil pangan dalam memenuhi gizi pangan dan rumah tangga dan berorientasi besar kepada pendapatan rumah tangga. 

Bupati berharap dengan adanya pelatihan Kelompok Wanita Tani (KWT) Kabupaten Kepulauan Anambas terus melakukan inovasi guna mengembangkan program perkarangan pangan lestari untuk mewujudkan kemandirian pangan dan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas. 

Penanaman secara simbolis dilakukan di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Anambas, pasir peti yang langsung dilakukan oleh Kepala BPTP Kepri, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas,  Sekretaris Daerah,  Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan serta Ketua TP-PKK KKA.


*DISKOMINFOTIK KKA/Rs

0 Comments

Leave a comment