Cengkeh Siantan Agribun, Varietas Unggul Baru Dari Anambas, Siap Dukung Program Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia


Cengkeh Siantan Agribun, Varietas Unggul Baru Dari Anambas, Siap Dukung Program Mengembalikan Kejayaan Rempah Indonesia

Jakarta,BeritaRayaOnline,-Dalam rangka mengembalikan kejayaan rempah Indonesia, pemerintah mencanangkan program BUN 500, yaitu pengembangan maupun rehabilitasi areal pertanaman rempah yang rusak sehingga diperlukan benih unggul, termasuk benih cengkeh. Namun demikian, ketersediaan benih unggul cengkeh masih terbatas.

Saat ini baru empat varietas yang telah dilepas yaitu Zanzibar Karo, Zanzibar Gorontalo, AFO dan Tuni Bursel. Letak geografi kebun benih yang berjauhan dari wilayah pengembangan seringkali mempengaruhi ketersediaan benih.

Belum lagi kesesuaian lahan, agroklimat juga mempengaruhi pertumbuhan tanaman.

Untuk menjaga keberlanjutan budidaya cengkeh, diperlukan sumber benih dengan tipe cengkeh yang berbeda.

Oleh karena itu perlu adanya sumber benih unggul yang memiliki background genetik yang berbeda serta mampu tumbuh pada wilayah dengan kondisi geografi yang beragam.

Tanaman cengkeh umumnya banyak tumbuh di Kawasan timur Indonesia, namun demikian di Kabupaten Kepulauan Anambas, provinsi Kepulauan Riau dijumpai tanaman cengkeh yang unggul. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bekerjasama dengan Balittro dan Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBP2TP) Medan mengajukan usulan pelepasan varietas cengkeh pada sidang II Tim Penilai Varietas Tanaman (TPV) Perkebunan tanggal 18 Oktober 2019 di Solo dan disetujui setujuan untuk dilepas dengan nama Siantan Agribun.

Menurut peneliti Balittro yang juga pemulianya, Dr Nurliani Bermawie, keunggulan cengkeh varietas Siantan Agribun adalah mempunyai keseragaman penampilan morfologi cukup tinggi, produksi bunga segar rata rata 111,42 ± 12,39 kg setara dengan 44,57 ± 4,96 kg bunga kering per pohon per tahun panen, ukuran bunga 0,41 ± 0,02 g (lebih besar dari cengkeh Zanzibar), kadar minyak atiri 17,05 ± 1,59 %, total eugenol 77,45 ± 3,14 %, kadar true eugneol 74,66 ± 1,79 %, kadar ß-caryophyllen 20,26 ± 2,38 %.

Sebagai pembanding produksi rata rata bunga cengkeh segar varietas Zanzibar Karo 47 kg, AFO 103 kg, Zanzibar Gorontalo 133,46 kg, dan Tuni Bursel 143,80 kg.

Kepala Dinas Provinsi Ketahanan Pangan Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau Bapak Drs Ahmad Izhar dan Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas  Efi Sjuhairi S.Sos., yang menghadiri sidang pelepasan TPV Perkebunan tahap II di Solo, sangat bersyukur atas disetujuinya usulan pelepasan varietas unggul cengkeh “Siantan Agribun”.

Apresiasi juga diberikan kepada petani pemilik kebun  Taspinnardi dan Jongkarman yang telah sangat kooperatif memberi informasi, dan bahan tanaman serta staf Dinas Provisi Kepulauan Riau dan Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah membantu pelaksanaan observasi di lapang demi berjalannya kegiatan dalam rangka mendukung pelepasan varietas unggul cengkeh ini.

Dengan adanya varietas unggul baru, ketersediaan benih bermutu untuk pengembangan cengkeh di Indonesia lebih terjamin.

Kepala Puslitbangbun Ir. Syafaruddin, PhD yang juga Wakil Ketua TPV Perkebunan berharap dengan dilepasnya varietas unggul baru cengkeh Siantan Agribun, dapat memenuhi ketersediaan benih bermutu dalam rangka mendukung pengembangan dan rehabilitasi cengkeh di Indonesia.

Kepala Puslitbang Perkebunan juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas kinerja mempersiapkan calon-calon varietas bekerjasama dengan mitra Pemda.

*sumber : britarayaonline.co.id

0 Comments

Leave a comment

https://achart403.blogspot.com https://closerblogger.blogspot.com https://pengguna-aktif.blogspot.com https://inputan9.blogspot.com https://cybercara.blogspot.com https://armaebook.blogspot.com https://templaturalism.blogspot.com https://seoblogachart.blogspot.com https://achmazon.blogspot.com https://kordramovie.blogspot.com https://nyecroll.blogspot.com Achart403, Achart Forbidden , Closerblogger, Template, Free Download, Hacking, Blogger, SEO, Backlink, Premium, Themes, Download, Cara, Deface, Cara Membuat, Exploit, Script, Dork, Blogspot, Penampung Konten, Safelink, Pengguna Aktif, cybercara, news, Tutorial, Templaturalism, Nyecroll News, Tribunach News, Achmazon, Berita, Update, Terbaru, Medsos,