Dorong Perekonomian Masyarakat, Desa Batu Ampar Kec. Palmatak Kembangkan Objek Wisata Mangrove


Dorong Perekonomian Masyarakat, Desa Batu Ampar Kec. Palmatak Kembangkan Objek Wisata Mangrove

Diskominfotik KKA - Hutan mangrove merupakan hutan yang berada dilingkungan perairan payau, hutan ini merupakan hutan yang sangat dipengaruhi oleh keberadaan pasang surut air laut yang didominasi atau hampir semuanya adalah pepohonan mangrove. 

Desa Batu Ampar adalah salah satu desa diantara 15 desa yang terletak di Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas. Desa Batu Ampar memiliki pesona hamparan hutan mangrove yang luas, dengan dorongan yang kuat dari Masyarakat, maka terbentuklah pembangunan/pengembangan wisata alam mangrove di Desa Batu Ampar.

Model pengembangan kawasan yang dikembangkan adalah kawasan wisata yang ramah lingkungan, berorientasi lokal, dan ditunjang dengan partisipasi masyarakat serta stakeholders sehingga menjadi kawasan wisata yang berkelanjutan kedepannya. 

Kepala Desa Batu Ampar, Dhea Febrian mengatakan "Ada beberapa aspek yang menjadi tujuan dari pembangunan/pengembangan wisata mangrove yaitu untuk meningkatkan pendapatan asli desa, terciptanya lapangan pekerjaan baru, meningkatkan pertumbuhan desa agar bisa berkembang dan mandiri, mengembangkan BUMDES serta meningkatkan kesehatan masyarakat,"paparnya. 

"Pada tahap awal ini wisata mangrove  dibangun menggunakan Anggran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) yang bersumber dari Dana Desa dengan total panjang objek wisata mangrove 180 M, selain itu pengembangan wisata mangrove juga mendapatkan suport dan bekerjasama dengan pihak Medco Energy, selanjutnya objek wisata mangrove ini rencananya akan di kelola oleh BUMDES BINA SEJAHTERA Desa Batu Ampar," tambah Dhea Febrian. 

*Diskominfotik KKA/Rs 

0 Comments

Leave a comment

nbase
buy instagram likes
Hesaplı Krediler Hızlı Krediler
Paykasa Paykwik
tubidy mobile