Empat Calon Varietas Kelapa Balitbangtan Disetujui Dilepas Sebagai Varietas Unggul


Empat Calon Varietas Kelapa Balitbangtan Disetujui Dilepas Sebagai Varietas Unggul

Sidang pelepasan varietas tanaman perkebunan tahap ke-dua tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 16 – 18 Oktober 2019 di Hotel Novotel, Solo. Sebanyak 19 usulan pelepasan calon varietas dan klon dipresentasikan di hadapan Tim Penilai Pelepasan Varietas (TP2V) Tanaman Perkebunan, Direktorat Perbenihan, Ditektorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Perkebunan.

Calon varietas dan klon yang diusulkan meliputi delapan komoditi perkebunan yaitu sawit, kelapa, cengkeh, tebu, tembakau, abaka, kayu manis dan pala. Institusi pengusul calon varietas /klon dari Balai Lingkup Puslitbang Perkebunan, pemerintah daerah, perusahaan perkebunan dan perguruan tinggi.

Puslitbang Perkebunan yang terdiri dari empat Balai mengusulkan masing-masing komoditi mandatnya. Balit Palma mengusulkan kelapa, Balittri mengusulkan teh, Balittro mengusulkan cengkeh, pala dan kayumanis, serta Balittas mengusulkan komoditi tembakau, tebu dan abaka. Sebagian besar calon variatas/klon yang diusulkan merupakan kerjasama dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi.

Balai Penelitian Tanaman Palma, Balitbangtan mengusulkan empat calon varietas kelapa yaitu kelapa Hibrida Hengniu, Kelapa Dalam lokal dari Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara, dan Kelapa Dalam dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Jabung Timur, Provinsi Jambi. Hasil sidang tertutup memutuskan bahwa keempat calon varietas yang diusulkan dari Balit disetujui dilepas sebagai varietas unggul dengan beberapa catatan perbaikan. Varietas yang disetujui adalah : (1) Kelapa Hibrida Hengniu yang dipresentasikan oleh Prof. Hengky Novarianto, (2) Kelapa Dalam Niu Sua asal Kab. Kepulauan Sula, Maluku Utara yang disampaikan oleh Meity Tulalo, SP, MP., (3) Kelapa Dalam Gambut asal Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Jambi dipresentasikan oleh Ir. Jeanette Kumaunang, MSc, dan Kelapa Dalam Zabak asal Tanjung Jabung Timur yang disampaikan oleh Ir, Miftahorrachman.

Kepala Balit Palma Dr. Ismail Maskromo sangat senang atas disetujuinya semua calon varietas yang diusulkan dari Balai yang berkantor di Mapanget, Manado ini. Beliau memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua tim peneliti Balit Pama yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas dalam melakukan penelitian, pengamatan dan menyiapkan usulan calon-calon varietas unggul, sehingga sukses disetujui dirilis sebagai varietas unggul baru.

Hasil sidang juga memutuskan disetujui berbagai varietas yang diusulkan oleh Balai lingkup Puslitbang Perkebunan meliputi ujuh klon unggul Seri PGL usulan Balittri bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada, Cengkeh Siantan Agribun dan Pala Tiangau kerjasama Balittro dengan Pemda Kab. Anambas , Kepulauan Riau, Kayumanis Koerintji kerjasama Balittro dengan Pemda Provinsi Jambi, Kayumanis Ceylon dari Balittro, Tembakau Kasturi kerjasama Balittas deng PT. Benih Emas Indonesia, Tembakau Probolinggo kerjasama Balittas dengan Dinas Perkebunan Jawa Timur, Tembakau Cerutu Besuki Na Oogst, empat varietas Abaka Talaud kerjasama Balittas dengan Pemda Kabupaten Talaud, dan tiga varietas Abaka dari Balittas.

Kepala Puslitbang Perkebunan Ir. Syafaruddin PhD yang juga hadir dalam sidang pelepasan ini menyampaikan terima kasih kepada semua tim pelepasan varietas dari balai-balai komoditi lingkup Puslitbang Perkebunan, atas kinerja mempersiapkan calon-calon varietas dan klon bekerjasama dengan mitra pemda. perusahaan swasta dan perguruan tinggi hingga sukses dirilis sebagai varietas dan klon unggul baru.

Semua varietas yang disetujui dilepas diwajibkan untuk dibangun kebun induk sebagai sumber benih dalam rangka penyediaan benih mendukung program peremajaan dan perluasan areal perkebunan.

Semoga varietas-varietas unggul baru yang telah berhasil dirilis dapat segera dimanfaatkan oleh para stakeholder dalam pengembangan tanaman perkebunan saat ini.

Jayalah Perkebunan Indonesia !

*sumber : balitka.litbang.pertanian.go.id

0 Comments

Leave a comment

https://achart403.blogspot.com https://closerblogger.blogspot.com https://pengguna-aktif.blogspot.com https://inputan9.blogspot.com https://cybercara.blogspot.com https://armaebook.blogspot.com https://templaturalism.blogspot.com https://seoblogachart.blogspot.com https://achmazon.blogspot.com https://kordramovie.blogspot.com https://nyecroll.blogspot.com Achart403, Achart Forbidden , Closerblogger, Template, Free Download, Hacking, Blogger, SEO, Backlink, Premium, Themes, Download, Cara, Deface, Cara Membuat, Exploit, Script, Dork, Blogspot, Penampung Konten, Safelink, Pengguna Aktif, cybercara, news, Tutorial, Templaturalism, Nyecroll News, Tribunach News, Achmazon, Berita, Update, Terbaru, Medsos,