bimcell tl yükleme

Seslendirme

Kabupaten Kepulauan Anambas

Perhelatan FPM, Dibuka Menteri Susi Pudjiastuti.


Perhelatan FPM,  Dibuka Menteri Susi Pudjiastuti.

Pembukaan Perhelatan budaya melayu pesisir Festival Padang Melang (FPM) 2019 yang dilaksanakan di Pantai Padang Melang berjalan dengan semarak. Sebelum pembukaan dilangsungkan, Menteri Kelautan dan Perikanan, ibu Susi Pudjiastuti beserta rombongan disambut dengan iring- iringan menuju panggung utama. Berbagai rangkaian acara ditampilkan sebelum pembukaan festival budaya melayu pesisir ini, sebut saja seperti upacara tolak bala, pembagian kartu pelaku usaha perikanan dan pembagian kacamata renang untuk anak-anak.

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris SH, sangat mengapresiasi kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, beserta perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian ESDM dan Kementerian Pariwisita di helat budaya melayu pesisir FPM kecamatan Jemaja Kabupaten Kepaulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (17/7).

Bupati KepulauanAanambas berharap pemerintah pusat dapat mendorong dan mendukung usaha Pemerintah Daerah Kepulauan Anambas untuk dapat lebih maju kedepannya terutama dari sisi perikanan, kelautan dan pariwisata. 

Dalam kesempatan ini, Bupati Kepulauan Anambas dalam sambutannya menyebutkan bahwa " menteri susi adalah seorang pahlawan pembasmi illegal fishing di Indonesia."

Bupati juga menyebutkan bahwa " Menteri Kelautan dan Perikanan telah melakukan snorkeling di laut jemaja dan menyaksikan bahwa 50% terumbu karang di laut anambas khususnya jemaja telah banyak yg rusak. Bupati mengajak semua warga Anambas untuk lebih menjaga karang salah satunya dengan tidak melakukan pemboman dalam menangkap ikan." 

Abdul haris juga berpesan, “jika ingin bu susi datang kembali ke Anambas mari kita jaga terumbu karang”. 

Ia juga berharap semoga dengan perhelatan FPM ini semakin membuat Anambas lebih dikenal di dalam negeri dan luar negeri

Plt. Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto menyebutkan dalam sambutannya bahwa " Ia sangat antusias untuk menghadiri helat budaya melayu pesisir festival padang melang, ditambah lagi karena kedatangan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti untuk membuka secara resmi festival tahunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepualauan Anambas tersebut. 

Isdianto mengatakan bahwa Provinsi Kepulauan Riau terdiri dari 96% lautan dan 4% daratan. Karena Provinsi Kepulauan Riau lebih dominan lautan inilah, Ia merasa perlu untuk menghadap ibu menteri terkait dengan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan kelautan, karena laut merupakan wilayah kerja ibu” ujarnya dalam sambutan di acara pembukaan FPM, Rabu (17/7).

Isdianto juga menyebutkan bahwa " menteri susi merupakan seorang perempuan tangguh, yang sangat berani mengambil sikap dalam menghadapi segala persoalan kelautan." Plt gubernur kepulauan riau ini selanjutnya menyampaikan bahwa dengan APBD Provinsi Kepri yang terbatas, tentu dalam pembangunan di daerah juga tidak bisa dilakukan dengan cepat. " Provinsi Kepri sangat membutuhkan perhatian dan dorongan dari pemerintah pusat untuk mempercepat perkembangan Provinsi Kepri dan khususnya  untuk Kabupaten Kepulauan Anambas. Seperti yang diketahui, Kabupaten Kepulauan Anambas unggul dalam hasil laut, tetapi hasil laut yang melimpah ini tidak semua kembali daerah, malahan sampai ke negeri seberang. Untuk itu", Isdianto berharap pemerintah pusat khususnya Kementerian Kelautan dan Perikanan dapat melakukan pengawasan di tengah laut yang selama ini dijadikan wadah untuk melakukan jual beli hasil laut secara ilegal. 

Disamping persoalan kelautan, Plt. Gubeenur Kepri juga menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri telah melakukan upaya untuk pengembangan Infrastruktur di Kabupaten Kepulauan Anambas. Terlepas dari semua persoalan yang ada di Provinsi dan Kabupaten Kepulauan Anambas, Plt. Gubernur Kepri ini menyebutkan bahwa ia menaruh harapan kepada semua rombongan kementerian yang hadir untuk dapat memberikan perhatian untuk perkembangan Provinsi Kepri khususnya Kabupaten Kepualaun Anambas. 


Susi Pudjiastuti menyampaikan dalam sambutannya bahwa Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan gugusan pulau yang terindah di indonesia bahkan salah satu yang terindah di dunia. “Empat tahun sudah saya tidak mengunjungi anambas, dan tahun ini tepat pada tanggal 15 Juli kemaren saya berkunjung lagi ke anambas”. 


Susi menyebutkan bahwa setelah melakukan snorkeling di laut anambas, ia menemukan ada sekitar 50% terumbu karang yang rusak di laut anambas. Selain itu, juga terdapat banyak sampah plastik yang berserakan di lautan. Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini juga menyinggung persoalan illegal fishing di Kabupaten Kepualauan Anambas seperti yg disebutkan sebelumnya oleh Bupati dan Plt. Gubernur Kepri. ia menyebutkan bahwa pemerintah daerah dapat membuat sebuah peraturan daerah tentang larangan untuk melakukan transhipment atau transaksi jual beli di tengah laut. Jika perda ini diberlakukan, ia yakin bahwa nantinya jika tidak ada lagi transaksi di laut dan hasil tangkapan langsung dijual di darat, maka tentu PAD akan meningkat. 

Mengenai perkembangan pariwisata, ia menyebutkan daerah dapat membentuk

Sebuah badan yang bertugas khusus untuk mengelola pariwisata di perbatasan. 

Menteri Kelautan dan Perikanan juga berpesan kepada masyarakat kepualauan anambas untuk

Dapat mengurangi pemakaian kantong plastik agar tidak menimbulkan timbunan sampah plastik. Di samping itu, Ia juga berharap daerah kepulauan anambas dapat mengurangi kerusakan karang, dengan memberikan pengawasan yang ketat kepada nelayan untuk tidak menangkap ikan menggunakan bom ikan. 

Setelah memberikan sambutannya, Susi Pudjiastuti membuka acara FPM yang ditandai dengan pemukulan alat kesenian masyarakat jemaja yang biasa disebut neng nong bersama dengan Bupti Kepulauan Anambas, dan rombongan dari kementerian. 


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Dr. Masykur, S.T, .M.M., menyampaikan bahwa FPM merupakan perhelatan budaya melayu pesisir yang akan diisi dengan parade budaya, perlombaan rakyat dan penampilan musik dua zaman. Ia juga menambahkan nanti juga akan ada penampilan dari artis ibu kota Rara Lida dan Dorce Gamalama untuk menghibur masyarakat kepulauan anambas dan memeriahkan acara tahunan Pemerintah Kabupaten Kepualauan Anambas ini.


Sumber : tim publikasi diskominfotik.KKA

0 Comments

Leave a comment