Pulau Jemaja Akan Terhubung Palapa Ring Barat


Pulau Jemaja Akan Terhubung Palapa Ring Barat

Diskominfotik KKA, Tarempa – Bertepatan Pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas Ke-11, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik bersama Tim Engineering PT. Moratelindo melakukan survei lokasi tower telekomunikasi di Padang melang Desa Batu Berapit Kecamatan Jemaja, Senin (24/06/19).

Efi Haryono Selaku Plt.Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government yang turut mendampingi Tim Engineering menyampaikan bahwa " Dari beberapa lokasi yang sudah di survei sebelumnya, hari ini sudah ditetapkan lokasi terakhir untuk pembangunan tower tersebut yang diperkirakan akan selesai di tahun 2019 ini. Tower tersebut akan menjembatani backbone utama kabel bawah laut Fiber Optic Palapa Ring Barat (PRB) yang saat ini sudah landing di pulau Tarempa Kecamatan Siantan, direncanakan operator seluler Smartfren akan melayani masyarakat Jemaja, khusus nya di daerah Desa Batu Berapit hingga Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur.

Selanjutnya, Japrizal S.Kom.,MA selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik juga menyampaikan "Pembangunan Tower BTS yg di bangun oleh PT. Moratelindo ini  merupakan upaya dari  Pemerintah Daerah dalam mewujudkan  percepatan peningkatan akses telekomunikasi sehingga secara bertahap seluruh wilayah di Kabupaten Kepulauan Anambas merdeka akan sinyal dan terus kita upayakan bersama sama dengan DPRD dan masyarakat kita akan bisa dengan keterbatasan kewenangan daerah dalam urusan telekomunikasi tapi karna ini merupakan kebutuhan yang dianggap mendesak, kebutuhan yang berkelanjutan maka harus kita perjuangankan bersama-sama sehingga kesenjangan akan akses telekomunikasi yang masih ada di Kecamatan dan Desa khususnya kebutuhan akses data atau akses internet cepat dapat kita rasakan semakin terpenuhi.

"Anambas merupakan daerah perbatasan yang sebelumnya kita anggap darurat telekomunikasi, krisis kedaulatan sinyal diperbatasan daerah terdepan tertuntaskan oleh pemerintah pusat, dan semoga akan bertahap menjadi daerah yang maju dan bisa bersaing dengan daerah lain terutama dalam memajukan sektor pariwisata dan perikanan sehingga dengan terbangunnya jaringan telekomunikasi antar pulau memudahkan daerah  mendapatkan dan menyebarluaskan informasi yang cepat, jelas Japrizal." 

"Tower BTS yang dibangun oleh PT. Moratelindo ini ada 2 BTS yang mengambil backbone PALAPARING BARAT yaitu di Kecamatan Palmatak di gunung Desa Teluk Bayur dan di Jemaja Desa Batu Berapit. Kedua tower BTS yang dibangun oleh PT.Moratelindo tersebut nantinya akan ditawarkan ke operator XL axiata dan Smartfren dalam memperluas layanan mereka, tutup Japrizal." 




(Diskominfotik/Mirna)

0 Comments

Leave a comment

iptv paykwik menü kabı konveyör hatay web tasarım
Paykasa Paykwik