Ruang Operasi RSUD Tarempa Di Resmikan Oleh Wakil Gubernur Kepri

Ruang Operasi RSUD Tarempa Di Resmikan Oleh Wakil Gubernur Kepri

InfoPublik, Anambas - Ruang oprasi RSUD Tarempa di resmikan secara  Wakil Gubenur Kepulauan Riau Hj. Marlin Agustina Rudi meresmikan ruang operasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)  Tarempa. Menariknya peresmian tersebut juga dihadiri oleh Walikota Batam Muhamad Rudi serta Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kepri  Bapak dr Tengku  Afrizal Dahlan. 


Wakil Gubenur Kepri Hj Marlin mengatakan, dengan diresmikannya ruang operasi di RSUD Tarempa dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat di Kepulauan Anambas. 


Marlin mengakui, Anambas yang berada di perbatasan masih memiliki kekurangan-kekurangan dalam pelayanan, untuk pihaknya akan berupaya membantu dengan anggaran provinsi. 


"Dengan geografis yang kepulauan tentu hal ini mesti didudukan, melalui anggaran provinsi dan CSR,"ujar Marlin, Jumat (22/7/2022)


Marlin juga mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah KKA khususnya Dinas Kesehatan yang menaungi RSUD Tarempa,  karena telah memiliki ruang operasi sendiri, harapannya setelah ini RSUD Tarempa segera naik menjadi RSUD Type C.


Sementara itu Bupati KKA Abdul Haris, SH mengakui, bahwa dengan kondisi geografis Anambas masih banyak persoalan yang dibenahi dibidang kesehatan. 


Namun demikian pihaknya bersyukur pelan tapi pasti pelayanan dapat dilakukan dengan maksimal karena Anambas juga memiliki dua rumah sakit lapangan yakni di Palmatak dan Jemaja.


"Meski masih berada pada Type D hadirnya RSUD Tarempa RSL Palmatak dan RSL Jemaja sangat membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,"tuturnya. 


Haris menyampaikan, bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar kedepan salah satu Rumah sakit di Anambas menjadi Type C, untuk mendukung hal itu pihaknya pelan tapi pasti menyiapkan sarana dan prasarana pendukung untuk mewujudkan hal tersebut. 


"Salah satunya adalah dengan menyiapkan sumber daya dengan menyekolahkan anak-anak Anambas untuk menjadi dokter, serta menyiapkan fasilitas pendukung lainnya,"jelasnya.


Ditempat yang sama Kepala Plt  Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (Dinkes PPKB Yessy Ariessandy, S. Farm Apt mengatakan, setelah diresmikannya ruang operasi ini menambah ruang pendukung RSUD Tarempa yang telah memiliki dua ruang rawat inap yang berada di lantai 1 dan 2, ruang Poly radiologi, medic dan lainya. 


Pihaknya juga ungkap Yessy juga saat ini memiliki tiga dokter spesialis yakni spesialis Bedah, spesialis penyakit dalam dan Spesialis anak. 


"Seharusnya untuk RSUD Type C  itu ada lima dokter spesialis,  kita masih kekurangan dua yakni spesialis anastesi dan kandungan,"ungkapnya. 


Untuk memenuhi kekungan tersebut kata Yessy pihaknya  masih mencari agar kebutuhan dapat terpenuhi. Ia juga berharap Wagub dapat membantu dengan kebijakan-kebijakan dari Provinsi. 


"Kita berharap pihak provinsi dapat membantu kekurangan-kekurangan yang ada khususnya untuk fasilitas penunjang seperti ambulance laut,"katanya.




DISKOMINFOTIK KKA

0 Comments

Leave a comment