SIARAN PERS - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Siap Dan Mampu Menangani Covid-19


SIARAN PERS - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, Siap Dan Mampu Menangani Covid-19




Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas Tetap Tenang, Waspada dan Siaga Covid-19 Bisa Sembuh.

Klarifikasi atas kejadian di Desa Bukit Padi Dusun Pasiran Kecamatan Jemaja Timur atas nama Bapak AS umur 33 tahun.

Tim Kesehatan Surveilans Dinas Kesehatan,Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Tim Surveilans Puskesmas Jemaja Timur telah melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap Bapak AS dan keluarga pada tanggal 27 Maret 2020 pukul 14:10 WIB.

Bapak AS tinggal bersama dengan Istrinya Ny. WA (32 Th) dan 2 orang anak An. DM (11 Th) dan An.  A (15 bulan)

Setelah melakukan PE langsung dengan Bapak AS didapat hasil sebagai berikut :

Bapak AS telah melakukan perjalanan ke Jakarta (berjualan) pada tanggal 04 Desember 2019 – 13 Maret 2020

Bapak AS di Jakarta mengontrak rumah dan berjualan Kelontong

Tanggal 13 Maret 2020 Bapak AS melakukan perjalanan dari Jakarta menuju letung dengan Transportasi Laut KM. Bukit Raya dan sampai di Letung tanggal 15 Maret 2020

Dari tanggall 15 Maret s/d 27 Maret 2020 (13 hari) Bapak AS tidak  melakukan Monitoring Mandiri (Self Monitoring) dan masih melakukan aktivitas diluar rumah (berkebun) dan selama kurun waktu ± 13 hari Bapak AS tidak mengalami keluhan/gejala klinis apapun.

Sewaktu dilakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) Tim melakukan pengecekan suhu terhadap Bapak AS (36,4(C) dan pada saat dilakukan wawancara dengan Bapak AS tidak mengalami gejala klinis apapun.

Selanjutnya Tim juga melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap Istri dan kedua anaknya dan didapat hasil sebagai berikut:

Ibu WA (istri) dari kedatangan Bapak AS tanggal 15 Maret 2020 tidak mengalami keluhan apapun, dan pengecekan suhu (36,4(C)

Anak Pertama Bapak AS An. DM (11 Th) pengecekan suhu ( 36,8(), mulai hari rabu tanggal 25 Maret 2020 mengalami sesekali batuk ringan dan di Terapi Obat

Anak Kedua Bapak AS An. A (15 bulan) didiagnosis Observasi Febris Ec Ineruption (demam, batuk, pilek) semenjak hari Jumat tanggal 20 Maret 2020 (7 hari setelah kepulangan bapak AS). Bapak AS membawa anaknya An. A (15 Bulan) berobat ke dr.H dan setelah diberi terapi pengobatan, 2 hari kemudian anaknya An. A (15 Bulan) sembuh, pada saat Penyelidikan Epidemiologi (PE) dilakukan pengecekan suhu terhadap anak An. A (36,6(C)

Setelah Penyelidikan Epidemiologi (PE) ini dilakukan, Tim menerapkan Prosedur Isolasi Mandiri dirumah terhadap Bapak AS dimulai dari 27 Maret 2020 sampai 14 hari kedepan (10 April 2020) dan akan terus dipantau perkembangannya oleh Tim Surveilans dari Puskesmas Jemaja Timur setiap hari.

Demikianlah Siaran Pers ini diumumkan untuk informasi dan koordinasi lebih lanjut dapat menghubungi Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.


*Sumber : Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 


Diskominfotik KKA

0 Comments

Leave a comment