TELKOM GROUP PERCEPAT ANAMBAS MEWUJUDKAN MERDEKA SINYAL DIPERBATASAN


TELKOM GROUP PERCEPAT ANAMBAS MEWUJUDKAN MERDEKA SINYAL DIPERBATASAN

Diskominfotik KKA, Jakarta -Dengan telah beroperasinya Backbone Palaparing Barat di Tarempa ibukota Kabupaten Kepulauan Anambas  dan dalam rangkan pemenuhan kebutuhan telekomunikasi khususnya di wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai daerah Terdepan, Terluar dan perbatasan yang masuk Kawasan Strategis Nasional (KSN) dan Kawasan Strategis Perbatasan Negara (KSPN) dalam mempercepat terwujudnya Program Pemerintah Merdeka Sinyal 2020 serta memenuhi peningkatan pelayanan kepada masyarakat, mempercepat pertumbuhan ekonomi  dan dalam mengimplementasi Sistem Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas bersama DPRD Kab.Kepulauan Anambas  melakukan kunjungan  dan diskusi solusi di Lab Smart City Nusantara Telkom yg berada di jalan gunung sahari pada pagi hari dan di teruskan Ke Kantor Pusat Telkom Indonesia di Jakarta Selatan, Senin (09/12/19). 

Pada kunjungan itu membahas serta paparan terkait kebutuhan perluasan peningkatan akses Telekomunikasi dan Aksesibilitas Internet di Wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas. 

Rapat Kegiatan yang berlangsung di Gedung Telkom Indonesia,Telkom Landmark Tower lt. 12, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, dihadiri dan langsung dipimpin oleh Vice President Network & Infrastructure Solution PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (persero) , Bpk. Bastian Sembiring beserta jajarannya, GM Telkom Kepulauan Riau, Bpk. Munnawir beserta jajarannya, Telkomsel bapak Hari Purwadi beserta tim, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepri, Bpk. Zulhendri, Ketua Komisi II DPRD Kab.Kepulauan Anambas H. Nur Adnan Lala, Wakil Ketua Jasril  dan yusli besert Mulyadi sekretaris komisi III, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, S.Kom.MA beserta, Kepala Bidang dan Kepala Seksi Bidang Penyelenggaraan E-Goverment serta utusan dari Balitbangpeda Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, Japrizal, S.Kom.MA memaparkan dalam pertemuan tersebut,"Dengan sudah beroperasinya PALAPARING BARAT yaitu jaringan tulang punggung serat optik nasional, hadirnya negara di daerah perbatasan untuk memenuhi kebutuhan akses Telekomunikasi dan kebutuhan akan akses internet berkecepatan tinggi, hal ini sudah dirasakan di ibu kota kabupaten kepulauan Anambas yaitu di Tarempa. Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Telkom sudah menyediakan layanan indihome tv interaktif dan sekarang sedang memperluas layanannya di Kecamatan Siantan begitu juga dengan Telkomsel telah meningkatkan layanannya sebelumnya menggunakan  Vsat sekarang sudah menggunakan optik  dgn layanan 4G LTE dan sedang memperluas layanan 4G di sebagian Kecamatan Palmatak dan Siantan Tengah. Kebutuhan layanan tersebut belumlah cukup di daerah kami perbatasan yang terdiri dari 10 Kecamatan  yang mana masing masing kecamatan terpisah dengan ibukota kabupaten karna daerah kepulauan antar kecamatan dan desa terpisah daratan dengan kondisi daerah berbukit dan bergunung mayoritas masyarakat tinggal di pesisir pantai sehingga timbul permasalahan sosial baru terjadinya kesenjangan digital", paparnya Japrizal, S.Kom.MA atau sering di sapa Jep. 

Japrizal, S.Kom.MA juga menyampaikan "Ada 3 pulau besar yang hari ini masih belum tersentuh akses internet cepat dan sinyal 4G LTE  Telkomsel yaitu di Pulau Matak yaitu di Desa matak, Desa Payalaman, Desa Payalaman, Desa Ampar, Desa Putik dan sekitarnya, disana ada objek pital bandara khusus Konsorsium Oil Company  yang mengeksploitasi sumber daya alam Anambas yang salah satu pendapatan Negara tapi daerah tersebut belum merasakan dalam memenuhi kebutuhan akses internet cepat dan kebutuhan sinyal 4G LTE yang maksimal yang katanya sudah menjadi kebutuhan primer, begitu juga di Pulau Jemaja dan Jemaja Timur, Pulau Bajau Kecamatan Siantan Timur dan kecamatan yang lainnya",tambahnya. 

Dalam paparan tersebut, Japrizal, S.Kom.MA berharap kepada Telkom Group untuk kiranya dapat mempercepat, memperluas jaringan layanan baik itu produk Indihome Telkom maupun layanan 4G LTE Telkomsel .

Dalam kesempatan tersebut Japrizal, S.Kom.MA juga menyampaikan "PT.Moratelindo sedang membangun Tower BTS di Kecamatan Palmatak di Bukit Bayur Teluk Durian dan di Desa Batu Berapi sekitar pantai Padang Melang dan Bandara Letung Kecamatan Jemaja, kedua tower tersebut untuk memperluas layanan  jaringan Smartfren 4G LTE dalam pemanfaatan Backbone PALAPARING BARAT yang berada di Tarempa. Dalam paparan tsb kita pemda meminta kepada Telkom Group untuk menggunakan dan bekerja sama dgn pihak Moratelindo  dalam pemanfaatan tower milik moratel tersebut sehingga Telkom dan Telkomsel dapat mempercepat, memperluas layanan  produk Indihome dan meningkatkan ke layanan 4G LTE Tower -  Tower BTS yang ada di kecamatan - kecamatan tersebut dalam memenuhui kebutuhan masyarakat, kami pemerintah daerah akan berkomitmen menggunakan layanan yang di bangun oleh Telkom untuk kebutuhan di bidang pendidikan, kesehatan, pemerintah dan pemerintahan desa,"lanjutnya. 

Kepala Dinas  Kominfo Provinsi Kepri, Bpk. zulhendri menambahkan, "wilayah Kepri yang menjadi fokus dalam memenuhi kebutuhan Telekomunikasi yaitu Natuna dan Anambas karna daerah Kepri yang terjauh dan berbatasan langsung lautnya dgn beberapa negara tetangga ini yang harus menjadi perhatian kusus oleh pemerintah pusat, untuk Natuna sudah semakin baik Telekomunikasi disana tinggal Kecamatan Midai yang belum 4G LTE",ujarnya. 

Menanggapi dari apa yang dipaparkan oleh kadis kominfo kepulauan Anambas Japrizal, S.Kom.MA, Vice President Network & Infrastructure Solution PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (persero), Bpk. Bastian Sembiring mengucapkan terimakasih dengan kunjungan dari Pemda Anambas dan DPRD, Menurut Japrizal, S.Kom.MA, beliau sangat welcome dan menerima masukan-masukan dari pemda, beliau menyampai  sinyal 4G Telkomsel yang towernya baru siap dibangun di kantor bupati baru yang menghubungkan layanan 4G LTE  Site BTS Siantan Tengah dan Site BTS Tebang-Ladan, Site BTS Antang Siantan Timur dan sekarang dalam perencanaan Telkom, awal 2020 secara bertahap Telkom akan melaksanakan penarikan optik dan akan secepatnya  melakukan pertemuan dengan pimpinan PT. Moratelindo.  

GM Telkom Kepri, Bpk Munnawir menjelaskan, "Plan yang kami sampaikan semoga  didukung oleh Telkom Pusat dan penarikan pergelaran optik di Palmatak akan kita lakukan untuk mengudaranya Indihome disana serta Tower Telkomsel yang di putik dan Medco-Matak yang ada disana akan 4G LTE dengan akses internet cepat, sedangkan untuk perluasan di kecamatan Siantan Timur dan Kecamatan lain masih menunggu tahapan berikutnya, "ujarnya. 

Akhir dari paparan tersebut Kadis Kominfo dan statistik Japrizal, S.Kom.MA mengakiri dengan menyampaikan  2 buah pantun,. 

Dari batam ke Tarempa,

Disana terbentang kabel palapa,

Anambas indah bagaikan surga,

Namun siqnal belum merdeka.


Buat layangan bambu diraut,

Buat baju benang di rajut,

Telkom grup datang kami menyambut,

Koneksi antar pulau dapat terwujud

Diskominfotik KKA /Rs 

0 Comments

Leave a comment